Optimalisasi Media Sosial Instagram @bahana_guest_house Sebagai Media Promosi Jasa Penginapan di PT Madhava Kreasi Indonesia

Kisora, I Made Madana and Eka Agustiningtias, S.AB.,M.AB., (2024) Optimalisasi Media Sosial Instagram @bahana_guest_house Sebagai Media Promosi Jasa Penginapan di PT Madhava Kreasi Indonesia. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era revolusi teknologi yang terus berkembang pesat, media sosial telah menjadi alat yang sangat penting dalam strategi pemasaran bagi banyak bisnis. PT Madhava Kreasi Indonesia, yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan penginapannya dengan nama akun @bahana_guest_house, menghadapi kendala yaitu rendahnya tingkat interaksi di media sosial atau engagement. Rendahnya interaksi ini berdampak signifikan pada penurunan pendapatan Bahana Guest House pada bulan Januari – April 2024. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media sosial Instagram @bahana_guest_house sebagai media promosi dan mengembangkan strategi optimalisasi untuk meningkatkan engagement dan efektivitas promosi untuk meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) diterapkan untuk pengoptimalisasian konten promosi yang menarik untuk meningkatkan engagement. Penulisan ini menunjukkan bahwa rendahnya engagement pada akun Instagram @bahana_guest_house disebabkan oleh konten yang kurang optimal. Dengan penerapan model AIDA, dilakukan optimalisasi Bio, caption dan penggunaan Hashtag yang lebih variatif, serta konten yang lebih menarik dan relevan. Setelah implementasi strategi tersebut, memperoleh 374 likes, 12 komentar, 15 kali disimpan, dan 45 kali dibagikan serta pendapatan Bahana Guest House meningkat sebesar Rp 10.309.985 jika dibandingkan dengan bulan Maret 2024. Penulisan ini menyimpulkan bahwa optimalisasi konten Instagram merupakan langkah penting untuk meningkatkan interaksi media sosial dan pendapatan pada akun Instagram @bahana_guest_house tersebut.

English Abstract

In the rapidly evolving era of technological revolution, social media has become a very important tool in marketing strategy for many businesses. PT Madhava Kreasi Indonesia, which utilizes social media to promote its lodging under the account name @bahana_guest_house, faces an obstacle, namely the low level of interaction on social media or engagement. This low interaction has a significant impact on the decline in Bahana Guest House revenue in January - April 2024. This final project aims to find out how the implementation of Instagram social media @bahana_guest_house as a promotional media and develop optimization strategies to increase engagement and promotional effectiveness to increase revenue. The method used in this writing was a qualitative method with a descriptive approach. The data collection techniques used were observation, interview, and documentation. The AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) concept was applied to optimize attractive promotional content to increase engagement. This writing shows that the low engagement on the @bahana_guest_house Instagram account was caused by suboptimal content. With the application of the AIDA model, optimization of Bio, captions and the use of more varied Hashtags, as well as more interesting and relevant content were carried out. After the implementation of the strategy, 374 likes, 12 comments, 15 saves, and 45 shares were obtained and Bahana Guest House's revenue increased by IDR 10,309,985 when compared to March 2024. This paper concludes that Instagram content optimization is an important step to increase social media interaction and revenue on the @bahana_guest_house Instagram account.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170185
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Sosial, Optimalisasi-Instagram, Optimization, Social Media
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:52
Last Modified: 05 Jul 2024 08:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222090
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
I Made Madana Kisora.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item