Zuliyanti, Elsa and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2024) Efektivitas Komunikasi Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media sosial merupakan jenis aplikasi online yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi. Contoh media sosial yang banyak digunakan ialah Instagram dengan jumlah pengguna sebanyak 85.3% dari total populasi pada tahun 2024. Salah satu institusi yang memanfaatkan media tersebut untuk menyebarkan informasi ialah Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dengan nama akun Instagram nya ialah @vokasiub. Penelitian ini akan membahas mengenai efektivitas komunikasi Instagram @vokasiub terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa universitas brawijaya. Tujuannya ialah untuk mengukur Tingkat keefektivan akun @vokasiub dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswanya. Metode akuisisi data yang digunakan mengacu pada skala likert 1-5. Pada penelitian ini didapat data dari 56 responden yang valid. Kemudian data diolah menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif yang menghasilkan hasil akhir bahwa mahasiswa vokasi universitas brawijaya mengikuti akun Instagram @vokasiub untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Serta didapat hasil akhir pada perhitungan pembobotan dengan jumlah 78% yang berada pada kategori Setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa responden yang merupakan mahasiswa vokasi universitas brawijaya Setuju dengan pernyataan bahwa akun Instagram @vokasiub telah efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa.
English Abstract
Social media is a type of online application that allows users to access information. An example of the most widely used social media is Instagram with 85.3% of the total population by 2024. One of the situations that used the media to disseminate information was the University of Brawijaya Vocational Faculty with its Instagram account name @vokasiub. This research will discuss the effectiveness of Instagram @vokasiub communication in meeting the information needs of brawijaya university students. The goal is to measure the effectiveness of @vokasiub’s account in meeting student’s information needs. The data acquisition method used refers to the likert scale 1-5. In this study we obtained data from 56 vaid respondents. Then the data was processed using quantitative and descriptive methods which resulted in the final result that students of brawijaya university vocation followed the Instagram account @vokasiuv to meet their information needs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170172 |
Uncontrolled Keywords: | Internet, Instagram, Efektivitas Komunikasi, Kebutuhan Informasi-Internet, Instagram, Communication Efficiency, Information Needs |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:38 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222046 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Elsa Zuliyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |