Marsya, Hanna Dwi and Dr. Sunarti, S.Sos M.AB (2024) Pengaruh Food Quality dan Dining Atmosphere terhadap Customer Satisfaction (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Mall Kota Kasablanka Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri kuliner khususnya makanan dan minuman di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dengan kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto. DKI Jakarta sebagai pusat ekonomi, memiliki jumlah restoran terbanyak, mencerminkan dinamika bisnis kuliner di pusat ekonomi negara. Sushi Tei sebagai salah satu pelaku kunci dalam industri restoran Jepang di Indonesia, menekankan pentingnya kualitas makanan dan suasana makan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Untuk menghadapi tantangan yang ada dari internal maupun eksternal, Sushi Tei dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Food Quality dan Dining Atmosphere terhadap Customer Satisfaction secara bersama�sama maupun parsial. Penelitian ini menggunakan explanatory research atau jenis penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan melibatkan sampel sebanyak 116 responden yang merupakan konsumen yang pernah menggunjungi restoran Sushi Tei Mall Kota Kasablanka dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, serta metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form dengan link berikut : bit.ly/KuesionerPenelitianHannaDM. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Food Quality dan Dining Atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Satisfaction, baik secara bersama-sama maupun secara parsial.
English Abstract
Culinary industry, especially food and beverage in Indonesia, has shown significant growth, contributing significantly to the Gross Domestic Product. DKI Jakarta, as an economic center, has the most restaurants, reflecting the culinary business dynamics in the country's economic hub. Sushi Tei, as one of the key players in the Japanese restaurant industry in Indonesia, emphasizes the importance of food quality and dining atmosphere to maintain customer satisfaction. To address existing challenges both internally and externally, Sushi Tei is required to be sensitive to every change and prioritize customer satisfaction as the main goal. This study aims to determine and analyze the combined and partial effects of Food Quality and Dining Atmosphere on Customer Satisfaction. This research uses explanatory research or explanatory research with a quantitative approach. The study involved a sample of 116 respondents who were customers that had visited Sushi Tei Restaurant at Mall Kota Kasablanka, using purposive sampling for sample selection and data collection method using a questionnaire distributed through Google Form with the following link: bit.ly/KuesionerPenelitianHannaDM The data analysis technique used was Descriptive Analysis and Multiple Linear Regression Analysis. The results of the study show that Food Quality and Dining Atmosphere have a significant influence on Customer Satisfaction, both collectively and partially.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030189 |
Uncontrolled Keywords: | Food Quality, Dining Atmosphere, Customer Satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222044 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hanna Dwi Marsya.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |