Zakiya, Dina Lubna and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si., M.Si., M.Sc (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Unit Kerja Berbasis Website di Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (DISKOMINFO) Kabupaten Tuban. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem informasi pelayanan pengaduan unit kerja di Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Tuban yang dikembangkan dengan menggunakan framework Laravel dengan berbasis website merupakan sistem yang dikembangkan untuk pelayanan pengaduan unit kerja. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dengan melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian memberikan informasi terkait proses pengaduan yang masih manual melalui email dan belum terkomputerisasi. Menjadikan kurang efektif waktu yang digunakan dikarenakan memakan waktu yang cukup lama untuk proses pengaduan. Oleh karena itu, dikembangkanlah website sistem informasi pelayanan unit kerja yang memiliki menu utama untuk pelapor yang ingin melakukan proses laporan pengaduan. Sistem ini diharapkan dapat membantu pihak instansi dalam melayani pengaduan unit kerja. Perekapan pengaduan yang terkomputerisasi akan mempermudah pembuatan laporan pengaduan serta mempercepat memproses laporan yang telah diajukan.
English Abstract
The information system for the complaint service of the work unit at the Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Tuban Regency was developed using the Laravel framework with a website-based is a system developed for work unit complaint services. The data collection technique used is through interviews and observations. The results of the study provide information related to the complaint process which is still manual via email and has not been computerized. Making less effective the time used because it takes a long time to process complaints. Therefore, a work unit service information system website was developed which has a main menu for agency employees who want to process complaint reports. This system is expected to assist agencies in serving work unit complaints. Computerized complaint disclosure will facilitate the preparation of complaint reports and speed up the processing of reports that have been submitted.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170171 |
Uncontrolled Keywords: | Website, Pelayanan, Pengaduan, Framework Laravel-Website, Service, Complaint, Framework Laravel |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:38 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222041 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dina Lubna Zakiya.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |