Analisis Content Marketing Giveaway Dalam Meningkatkan Jumlah Followers Pada Akun Instagram @mostrans.id

Sirait, Desi Anggie Lestari and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si., M.Si., M.Sc (2024) Analisis Content Marketing Giveaway Dalam Meningkatkan Jumlah Followers Pada Akun Instagram @mostrans.id. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan zaman yang disertai teknologi internet saat ini memudahkan manusia dalam beraktivitas. Teknologi internet menghadirkan inovasi seperti munculnya media sosial untuk mempermudah komunikasi. Selain menjadi tempat berkomunikasi, media sosial digunakan pelaku bisnis unutk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Instagram merupakan salah sau media sosial yang memiliki pengguna tertinggi indonesia. Banyaknya fitur yang dimiliki oleh instagram memudahkan pelaku bisnis dalam memasarkan mereknya. Ketatnya persaingan merek di instagram membuat pelaku bisnis harus memikirkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian calon pelanggan. Strategi pemasaran yang efektif di media sosial adalah content marketing, yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang menarik dan relevan. Konten yang interaktif dan unik, seperti "giveaway," dapat meningkatkan keterlibatan dan jumlah pengikut. Tugas akhir ini menunjukkan seberapa berpengaruh sebuah content marketing giveaway dalam meningkatkan insight terutama jumlah followers. Selain itu Tugas Akhir ini juga menunjukkan bagaimana penerapan content marketing giveaway yang baik dapat membantu peningkatan interaksi terhadap audiens. Dari Hasil Tugas Akhir ini diperoleh peningkatan insight content marketing giveaway pada akun instagram @mostrans.id sebanyak 500 komentar, 423 share, 391 likes, 66 save dan 2.315 dan tentunya mampu menaikkan jumlah followers sebanyak 82 pengikut dalam satu kali unggahan. Harapan untuk akun instagram @mostrans.id adalah untuk tetap mempertahankan konsistensinya dalam menerapkan content marketing giveaway.

English Abstract

The development of the times accompanied by internet technology today makes it easier for humans to do their activities. Internet technology presents innovations such as the emergence of social media to facilitate communication. Apart from being a place to communicate, social media is used by business people to develop effective marketing strategies. Instagram is one of the social media that has the highest users in Indonesia. The many features owned by Instagram make it easy for business people to market their brands. The tight competition of brands on Instagram makes business people have to think about the right marketing strategy to attract the attention of potential customers. An effective marketing strategy on social media is content marketing, which involves creating and distributing interesting and relevant content. Interactive and unique content, such as ‘giveaways,’ can increase engagement and follower numbers. This final project shows how influential a content marketing giveaway is in increasing insight, especially the number of followers. In addition, this Final Project also shows how the implementation of a good content marketing giveaway can help increase interaction with the audience. From the results of this Final Project, it is obtained that the increase in content marketing giveaway insight on the @mostrans.id Instagram account is 500 comments, 423 shares, 391 likes, 66 saves and 2,315 impressions and of course it can increase the number of followers by 82 followers in one upload. The hope for the @mostrans.id Instagram account is to maintain its consistency in implementing content marketing giveaway.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170168
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Giveaway, Instagram, Followers
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:38
Last Modified: 05 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222033
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Desi Anggie Lestari Sirait.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item