Peran Adiksi Media Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa

Ayu Wilujeng, Retno (2024) Peran Adiksi Media Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mahasiswa perlu memiliki kesejahteraan psikologis yang baik untuk membantu mahasiswa menghadapi masa perkuliahannya. Namun, berdasarkan realitas di lapangan, mahasiswa masih memiliki kesejahteraan psikologis yang rendah. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang berperan dalam tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa, salah satunya adalah adiksi terhadap media sosial. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui peran adiksi media sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah 118 mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial dengan rentang usia 18-25 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kesejahteraan psikologis adalah Ryff’s Psychological Well-Being Scale (RPWB), sedangkan variabel adiksi media sosial diukur menggunakan Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran dari adiksi media sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa dengan adanya peningkatan adiksi media sosial akan diiringi dengan penurunan kesejahteraan psikologis media sosial. Implikasi dari penelitian ini referensi tambahan mengenai kesejahteraan psikologis serta menjadi bahan pertimbangan bagi mahasiswa untuk mengatur waktunya agar terhindar dari adiksi media sosial sehingga memiliki kesejahteraan psikologis yang baik.

English Abstract

Students need to have good psychological well-being to help them cope with their academic years. However, based on the reality on the ground, students still have low psychological well-being. Thus, there is a need for further study on the factors that contribute to the level of psychological well-being of students, one of which is addiction to social media. The research aims to determine the role of social media addiction in the psychological well-being of students in Indonesia. The research method used is quantitative correlational. The sample of this study consisted of 118 students who actively use social media within the age range of 18-25, selected through purposive sampling technique. The instrument used to measure psychological well-being is Ryff’s Psychological Well-Being Scale (RPWB), while the variable of social media addiction is measured using the Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS). The research results indicate that there is a role of social media addiction in the psychological well-being of students, as an increase in social media addiction is accompanied by a decrease in psychological well-being. The implications of this research serve as additional references regarding psychological well-being and provide consideration for students to manage their time to avoid social media addiction, thus maintaining good psychological well-being

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:19
Last Modified: 26 Jun 2024 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222010
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Retno Ayu Wilujeng.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item