Strategi Manajemen Produksi Tim Kreatif Untuk Mempertahankan Eksistensi Program Cuap Cuap Pada Youtube Mop Channel

Rosyida, Adelia Rahma Afifatur and Dr. Andre Perbawa,, S.Sos., S.H., M.I.Kom., M.H (2024) Strategi Manajemen Produksi Tim Kreatif Untuk Mempertahankan Eksistensi Program Cuap Cuap Pada Youtube Mop Channel. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi tim kreatif yang diterapkan pada program Cuap Cuap dalam mempertahankan eksistensi program melalui 13 elemen strategi kreatif dari Naratama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara serta triangulasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi kreatif yang digunakan oleh tim kreatif program Cuap Cuap dalam mempertahankan eksistensi pada platform YouTube. Strategi yang diterapkan oleh tim kreatif dalam menentukan target penonton, bahasa naskah yang hiperbola, format acara, punching line, gimmick, tune & bumper, penataan artistik, music & fashion, logo dan music track ID tune. Selain itu tim kreatif juga menerapkan strategi lain seperti, penjadwalan presenter yang bervariasi di setiap tayangan, pemilihan isu berita terupdate dan kontroversial dari kalangan artis tanah air serta strategi promosi untuk memikat hati pemirsa.

English Abstract

This research aims to identify the creative team strategies applied in the Cuap Cuap program to maintain the program's existence through Naratama's 13 elements of creative strategy. This study is a qualitative descriptive research. The techniques used include observation, documentation, interviews, and triangulation. Data analysis was carried out through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results show the existence of creative strategies used by the Cuap Cuap program's creative team to maintain its existence on the YouTube platform. The strategies implemented by the creative team include determining the target audience, using hyperbolic script language, show format, punching lines, gimmicks, tune & bumper, artistic arrangement, music & fashion, logo, and music track ID tune. Additionally, the creative team also employs other strategies such as scheduling varying presenters for each show, selecting the latest and controversial news issues from local celebrities, and promotional strategies to captivate the audience

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170155
Uncontrolled Keywords: creative strategies, creative team, infotainment program, Cuap Cuap-strategi kreatif, tim kreatif, program infotainment, Cuap Cuap
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:00
Last Modified: 04 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221994
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adelia Rahma Afifatur Rosyida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item