Putri Primadani, Kurnia (2024) Isi Pesan Program Pasar Bebas Plastik melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi Pesan Kampanye Sosial pada Program Pasar Bebas Plastik melalui akun Instagram @iddkp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tantangan utama dalam menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi pada kampanye sosial, terletak pada konten sebagai bentuk pesan. Pesan yang sulit dipahami dan tidak dapat mempersuasif target audience untuk mengadopsi perilaku kearah tujuan yang ditetapkan oleh pemasar sosial menjadi kegagalan dalam program social marketing. Penelitian ini berfokus untuk mengidentifikasi pesan kampanye sosial yang terbagi menjadi tiga, diantaranya : pesan utama, pesan pendukung dan pesan testimoni target audience. Selain itu, melihat penggunaan message appeals dalam strategi pesan kampanye sosial yang dilihat dari tiga kategori diantaranya : informational appeal, emotional appeal dan mix appeal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan kampanye sosial pada unggahan konten program Pasar Bebas Plastik dan mengetahui penggunaan message appeals yang paling dominan dalam unggahan konten program Pasar Bebas Plastik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi berjenis deskripsi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 32 foto, 13 video reels dan 45 caption. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pesan utama terkait penyampaian perilaku yang diharapkan paling banyak ditemukan dalam bentuk caption. Pesan pendukung dengan format penyajian berbentuk foto dan video seringkali menyampaikan informasi seputar isu sosial yaitu sampah plastik di pasar tradisional. Sedangkan, pesan testimoni target audience yang harusnya dapat mendorong perubahan perilaku melalui penyajian pesan yang berisi kepuasan, sulit ditemukan. Kategori message appeal yang paling dominan digunakan sebagai strategi pesan kampanye sosial adalah informational appeal. GIDKP mendesain pesan yang mengutamakan fakta, manfaaat, tujuan hingga penyajian data untuk memperkuat isu sampah plastik.
English Abstract
Content as a form of message is the main challenge when using social media as a communication channel in social campaigns. Messages that are difficult to understand and that fail to persuade the target audience to adopt behaviors toward the goals set by the social marketers will become a failure in social marketing programs. This research focuses on identifying social campaign messages, which are divided into three types, including: main messages, supporting messages, and testimonial messages. The study also examines the use of message appeal within social campaign messaging strategies from three categories: informational appeal, emotional appeal, and mixed appeal. The purpose of this study is to determine the content of social campaign messages in Plastic Free Market program uploaded content and the most dominant use of message appeal in Plastic Free Market program uploaded content. This research uses a quantitative approach with a descriptive content analysis method. The samples used in this study were 32 photos, 13 video reels, and 45 captions. The results of this study show that the main message to communicate expected behavior is mostly find in the form of captions. In other side, support messages with photo and video formats often convey the information message about social issues, namely plastic waste in traditional markets. Meanwhile, testimonial messages, which should be able to encourage behavior change through the presentation of messages containing satisfaction, are difficult to find. The most dominant message appeal category used as a social campaign message strategy is informational appeal. GIDKP designs messages that emphasize facts, benefits, goals, and data presentation to reinforce the issue of plastic waste.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221993 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kurnia Putri Primadani.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |