Strategi Partai Politik Dalam Menguatkan Pelembagaan Partai (Studi Kasus Pada Partai Gelora Dan PKN Di Kota Bekasi)

Priskila H, Novalina (2024) Strategi Partai Politik Dalam Menguatkan Pelembagaan Partai (Studi Kasus Pada Partai Gelora Dan PKN Di Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelembagaan Partai merupakan sebuah aspek penting dalam memperkuat fondasi partai politik dalam mempertahankan kedudukan partainya untuk dapat terus bersaing dalam kancah politik. Partai Gelombang Rakyat Indonesia dan Partai Kebangkitan Nusantara sebagai partai baru yang telah lolos dalam kontestasi pemilihan umum khususnya di Kota Bekasi, perlu melembagakan partainya sebagai dasar memperkuat ketahanan partainya dalam kontestasi politik. Penelitian ini dilakukan pada Partai Gelora dan PKN di Kota Bekasi dengan menggunakan metode kualitatif yang melibatkan analisis dengan wawancara dan dokumentasi. Teori Pelembagaan Partai oleh Vicky Randall dan Lars Svånsand menjadi landasan utama dalam penelitian ini. Teori tersebut mengusung empat dimensi utama termasuk, systemness, value infusion, decisional autonomy, reification. Dalam menganalisis kedua partai ini, ditemukan bahwa partai Gelora dan PKN masih menghadapi tantangan dalam melakukan pelembagaan dalam beberapa dimensi, namun kedua partai telah menunjukan tanda-tanda kelembagaan dalam dimensi otonomi. Dalam hal ini partai Gelora dan PKN menunjukan otonomi dalam menentukan kebijakan partainya dan mengelola keuangan partainya tanpa ada campur tangan dari aktor eksternal lain. Walaupun dalam dimensi lain partai masih menghadapi berbagai tantangan seperti dalam hal manajemen konflik, maupun membangun branding citra partai. Kedua partai ini tidak secara spesifik memberikan dukungan ke beberapa kelompok sosial tertentu dan masih memperluas ceruk pemilihnya. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya proses pelembagaan bagi partai baru, serta menegaskan bahwa meskipun telah menunjukkan kemajuan dalam beberapa aspek, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat fondasi partai dan menjawab tantangan yang dihadapi dalam dunia politik yang dinamis.

English Abstract

Party institutionalization is an essential aspect in strengthening the foundation of political parties to maintain their position and continue competing in the political arena. Gelombang Rakyat Indonesia Party and Kebangkitan Nusantara Party, as new parties that have successfully passed in electoral contests particularly in Bekasi City, need to institutionalize their parties as a basis for strengthening their resilience in political competition. This research was conducted on the Gelora and PKN parties in Bekasi City using qualitative methods involving analysis through interviews and documentation. The Party Institutionalization theory by Vicky Randall and Lars Svånsand served as the main foundation in this research. The theory encompasses four main dimensions including systemness, value infusion, decisional autonomy, and reification. In analyzing these two parties, it was found that Gelora and PKN still face challenges in institutionalizing in some dimensions, but both parties have shown signs of institutionalization in the dimension of autonomy. In this regard, Gelora and PKN demonstrate autonomy in determining party policies and managing party finances without interference from other external actors. Although in other dimensions parties still face various challenges such as conflict management, and building party branding. These parties do not specifically target support from particular social groups and are still expanding their voter base. Overall, this research highlights the importance of the institutionalization process for new parties, and emphasizes that although progress has been made in some aspects, further efforts are needed to strengthen the party foundation and address the challenges faced in the dynamic political world.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:33
Last Modified: 26 Jun 2024 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221992
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Novalina Priskila Hutagaol.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item