Harish Ishlah, Muhammad (2023) Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Studi ini membahas mengenai Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik. Latar belakang munculnya studi ini berdasarkan fenomena terkait permasalahan yang terjadi terkait digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan teori E-Service Quality Valarie A. Zeithaml menggunakan 4 (empat) indikator, yakni Efisiensi, Pemenuhan, Reliabilitas, dan Privasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah secara efesiensi, pelayanan melalui aplikasi PEODAK sudah cepat, tepat, dan mudah untuk diakses. Secara pemenuhan kebutuhan, pelayanan ini sudah sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Lahirnya aplikasi Peodak untuk menjawab tantangan dalam menyelenggara-kan pelayanan di masa pandemic covid- 19. Secara kehandalan seluruh pelayanan dapat dilakukan secara online namun tidak dengan pelayanan yang memerlukan blanko. Namun hal ini juga sudah diselesaikan dengan pelayanan yang dapat dilakukan di Kantor Kecamatan sehingga mempermudah masyarakat. Secara privasi dan keamanan data, dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi melalui aplikasi PEODAK sudah menjamin keamanan data. Hal ini dikarenakan aplikasi Ini sudah terintegrasi dengan sistem terpusat di Kementerian sehingga data langsung masuk kedalam pengelolaan administrasi data base di Sistem Infomrasi Administrasi Kependudukan (SIAK).
English Abstract
This study discusses conflict resolution between the government and society in the construction of the This study discusses the Quality of Population Administration Services conducted by the Population and Civil Registry Office of Gresik Regency. The background to the emergence of this study is based on phenomena related to problems that occur related to the digitalization of population administration services at Disdukcapil, Gresik Regency. This study uses Valarie A. Zeithaml’s E-Service Quality theory using 4 (four) indicators, namely Efficiency, Fulfillment, Reliability, and Privacy. The research method used in this research is descriptive qualitative research. The results of this study are that in terms of efficiency, services through the PEODAK application are fast, precise, and easy to access. In terms of fulfilling needs, this service is in accordance with the needs and expectations of the community. The birth of the Peodak application to answer challenges in providing services during the Covid-19 pandemic. In terms of reliability, all services can be done online, but not with services that require blanks. However, this has also been resolved with services that can be carried out at the District Office to make it easier for the community. In terms of privacy and data security, the administration of administrative services through the PEODAK application guarantees data security. This is because this application has been integrated with a centralized system at the Ministry so that data goes directly into the administrative management of the data base in the Population Administration Information System (SIAK).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052311 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 01:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 01:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221983 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Harish Ishlah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |