Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Konflik Internal (Studi Penelitian Pada MA Hidayatul Ummah Lamongan)

Masrur, Fakhriyyah and Dr. Imam Hanafi, M.Si., MS (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Konflik Internal (Studi Penelitian Pada MA Hidayatul Ummah Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah menjadi lembaga yang memainkan peran sentral dalam mentransmisikan pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan kepada generasi muda. Dalam pelaksanaan pembelajaran tentu saja memiliki standar dan nilai ekspektasi yang tinggi serta tuntutan yang terus meningkat terhadap tantangan zaman. Sekolah diharuskan mengikuti perubahan zaman yang semakin maju hal tersebut menimbulkan beberapa konflik atau masalah dalam internal sekolah tersebut. Konflik merupakan hal alamiah yang tercipta dalam suatu organisasi, dengan kata lain tidak ada suatu lembaga pendidikan yang tidak pernah mengalami konflik. Untuk mengatasi dan menjaga stabilitas sekolah diperlukan kepala sekolah sebagai faktor penentu kesuksesan sebuah lembaga yang ia pimpin. Manajemen konflik dan strategi dibutuhkan dalam menghadapi konflik yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan serta menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi konflik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian berlokasi di Kabupaten Lamongan dengan situs penelitian berada di Madrasah Aliyah Hidayatul Ummah. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dengan informan yang berkaitan sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tema yang diambil. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantunya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah menggunakan kepemimpinan demokratis dengan gaya situasional, tetapi dalam pelaksanaan kepemimpinannya kepala sekolah mengalami hambatan. Selain itu dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa kepala sekolah telah memenuhi standar kompetensi dan telah melaksanakan fungsi, peran dan tugasnya sebagai kepala sekolah. Meskipun masih terdapat hambatan kepala sekolah melakukan manajemen konflik dan membuat strategi dalam menghadapi konflik meskipun setelah penyelesaian konflik terdapat dampak dari konflik tersebut. Saran untuk MA Hidayatul Ummah selaku lembaga pendidikan yang melaksanakan proses pembelajaran untuk menyongsong pendidikan yang bermutu adalah penguatan gaya kepemimpinan kepala sekolah, memberikan dukungan terhadap staf, mendorong penggunaan teknologi dan evaluasi rutin.

English Abstract

Schools are institutions that play a central role in transmitting knowledge, values and skills to the younger generation. In the implementation of learning, of course, it has high standards and expectations and demands that continue to increase against the challenges of the times. Schools are required to keep up with the changing times that are increasingly advanced, which raises several conflicts or problems within the school. Conflict is a natural thing that is created in an organization, in other words, there is no educational institution that has never experienced conflict. To overcome and maintain school stability, the principal is needed as a determining factor in the success of the institution he leads. Conflict management and strategies are needed in dealing with conflicts that exist in the school. This study describes and analyzes the principal's leadership in dealing with conflict using a qualitative approach. The research is located in Lamongan Regency with the research site being at Madrasah Aliyah Hidayatul Ummah. Primary data sources were obtained from several interviews with relevant informants while secondary data were obtained from documents related to the theme taken. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and several supporting tools such as interview guidelines, and tools. The results of this study concluded that the principal used democratic leadership with a situational style, but in the implementation of his leadership the principal experienced obstacles. In addition, this study also found that principals have met the competency standards and have carried out their functions, roles and duties as principals. Although there are still obstacles, the principal conducts conflict management and makes strategies in dealing with conflicts even though after resolving the conflict there is an impact of the conflict. Suggestions for MA Hidayatul Ummah as an educational institution that carries out the learning process to welcome quality education are strengthening the leadership style of the school principal, providing support for staff, encouraging the use of technology and regular evaluation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030293
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Konflik, Sekolah, Manajemen Konflik, Strategi-Leadership, Conflict, School, Conflict Management, Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:29
Last Modified: 28 Jun 2024 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221981
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fakhriyyah Masrur.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item