Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada pengunjung Cafe Bromo Hillside)

Bangun, Denza Diramanatha and Dr. Sunarti, S.Sos, MAB (2024) Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada pengunjung Cafe Bromo Hillside). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cafe Bromo Hillside merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang memanfaatkan platform Instagram sebagai media promosi nya. Terletak di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur Cafe Bromo Hillside memiliki keunikan tersendiri karena terletak di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut. Bromo Hillside menyajikan pemandangan panorama 360 derajat ke segala arah yang menunjukkan keindahan pemandangan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sangat cocok menjadi destinasi wisata yang Instagramable untuk spot foto. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth pada sosial media Instagram terhadap Keputusan Berkunjung di Bromo Hillside. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna media sosial Instagram yang mengikuti akun Instagram objek wisata Café Bromo Hillside yaitu @bromo.hillside dan telah mengunjungi Café Bromo Hillside. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah non probability sampling yaitu purposive sampling. Data primer dari penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada responden menggunakan google form, sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari website dan jurnal akademik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu Electronic Word of Mouth (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Berkunjung (Y) ke Cafe Bromo Hillside (dengan nilai signifikansi 0.000 < 0,05). Hasil koefisien determinasi menunjukkan variabel Electronic Word of Mouth (X) berkontribusi sebesar 0.484 atau dengan besar persentase 48%, sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di uji dalam penelitian ini

English Abstract

Cafe Bromo Hillside is one of the tourist destinations in East Java that uses Instagram as a promotional media. Located in Ngadas Village, Poncokusumo District, Malang Regency, East Java, Cafe Bromo Hillside is unique because it is located in the Bromo Tengger Semeru National Park Area at an altitude of 2,400 meters above sea level. Bromo Hillside offers 360 degree panoramic views in all directions showing the beauty of the scenery in Bromo Tengger Semeru National Park, very suitable as a tourist destination for instagrammable photo spots. The problem formulation in this research is to determine the influence of Electronic Word of Mouth on social media instagram regarding the decision to visit Bromo Hillside. This research uses descriptive research methods with a quantitative approach. The population used in this research are all Instagram social media users who follow the Instagram account of the Café Bromo Hillside tourist attraction, namely @bromo.hillside and have visited Café Bromo Hillside. Meanwhile, the number of samples used was 120 respondents. The sampling technique used by researchers is non probability sampling that is purposive sampling. The primary data from this research is a questionnaire given to respondents using google form, while secondary data was obtained from websites and academic journals. Data collection in this research was through observation, distributing questionnaires and documentation. The analysis technique used is simple linear regression. The results of simple linear regression analysis show that the independent variables are Electronic Word of Mouth (X) has a significant influence on the dependent variable, namely the decision to visit (Y) to Cafe Bromo Hillside (with a significance value of 0.000 < 0.05). The results of the coefficient of determination show variables Electronic Word of Mouth (X) contributed 0.484 or a percentage of 48%, while the r

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030291
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:23
Last Modified: 28 Jun 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221978
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Denza Diramanatha Bangun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item