Sausan, Afra Darin and Azizun Kurnia Illahi,, S.I.Kom, M.A. (2024) Strategi Komunikasi Internal Perusahaan Startup Remote Working Untuk Membentuk Employee Engagement (Studi kualitatif pada startup Harisenin.com di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Harisenin.com, startup didirikan pada 2021, menawarkan bootcamp gratis dan berbayar untuk pengembangan keterampilan kerja. Menggunakan sistem kerja remote working, perusahaan ini memungkinkan pekerja bekerja di mana saja tanpa harus ke kantor. Meskipun tumbuh pesat dan bertahan di tengah masalah ekonomi, terutama saat pandemi, Harisenin.com menghadapi tantangan dalam industri yang kompetitif. Dalam menghadapi pandemi, inflasi, dan potensi resesi global, perusahaan ini membutuhkan employee engagement untuk memotivasi karyawan dan mencapai tujuan. Employee engagement menciptakan inisiatif, usaha, dan ketekunan yang menghasilkan antusiasme, kepuasan, dan motivasi bagi karyawan, mendukung keberhasilan organisasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana sesuai dengan tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi internal yang diimplementasikan di Harisenin.com untuk membangun employee engagement. Jenis dan tipe penelitian kualitatif deskriptif digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini untuk mengungkap secara mendalam bagaimana strategi komunikasi internal untuk mewujudkan employee engagement di Harisenin.com yang merupakan startup remote working. Berdasarkan data yang didapatkan, strategi komunikasi internal untuk mewujudkan employee engagement di Harisenin.com dilakukan dengan menerapkan tiga komponen komunikasi internal yang berpengaruh kuat dalam pembentukan employee engagement yakni; (1) quality of information yang ditunjukkan melalui bagaimana manajer terbuka akan feedback dari informasi yang diberikan, (2) superior-subordinate communication relationship, ditunjukkan dengan adanya bonding antara manajer dengan karyawan, dan (3) reliability of information, terlihat dari adanya komunikasi yang terbuka antara manajer dan karyawan. Dengan diterapkannya komponenkomponen tersebut, peneliti melihat bahwa terdapat dua karakteristik employee engagement pada diri karyawan, yakni vigour yang ditunjukkan dengan semangat karyawan dalam bekerja dan dedication yang ditunjukkan dengan usaha karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka di perusahaan.
English Abstract
Harisenin.com, established in 2021, offers both free and paid bootcamps for skills development. Utilizing a remote working system, the company enables employees to work from anywhere without the need to be in the office. Despite rapid growth and resilience amid economic challenges, particularly during the pandemic, Harisenin.com faces competition in a competitive industry. Confronting global pandemic, inflation, and potential recession challenges, the company requires employee engagement to motivate its workforce and achieve goals. Employee engagement fosters initiative, effort, and perseverance, generating enthusiasm, satisfaction, and motivation among employees, supporting organizational success. In this research, the researcher employs qualitative descriptive research to explore the internal communication strategies implemented by Harisenin.com in building employee engagement. The research reveals that the internal communication strategies for realizing employee engagement at Harisenin.com, a remote working startup, involve applying three influential internal communication components: (1) quality of information, demonstrated by how managers are open to feedback from the information provided, (2) superior-subordinate communication, shown by the bonding between managers and employees relationship, and (3) reliability of information, shown by the open communication between managers and employees. With the implementation of these components, the researcher observes two characteristics of employee engagement among employees, namely vigo, demonstrated by the enthusiasm of employees in their work, and dedication, demonstrated by employees' efforts to improve their performance in the company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 08:25 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221968 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AFRA DARIN SAUSAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |