Analisis Perencanaan Strategi Pengembangan Bisnis Pada UMKM Pujasera One Stop Arjowinangun Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT dan QSPM Matriks

Naufarizal, Muhammad Hafidz and Agung Nugroho Adi, SE., MM., MM.HRM (2023) Analisis Perencanaan Strategi Pengembangan Bisnis Pada UMKM Pujasera One Stop Arjowinangun Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT dan QSPM Matriks. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan strategi pengembangan bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pujasera One Stop Arjowinangun. Studi ini melibatkan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pemilik bisnis dan pengamatan langsung di lokasi. Data sekunder mencakup literatur terkait, data pemasaran sebelumnya, dan data perusahaan lainnya. Permasalahan yang dimiliki oleh One Stop Arjowinangun terletak pada kurang maksimalnya traffic customer yang ada, hal ini menyebabkan terbatasnya perkembangan yang dapat dilakukan. Kondisi tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini, dengan tujuan untuk mencari faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada bisnis One Stop Arjowinangun. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis metode kualitatif deskriptif. Alat penyelesaian masalah yang digunakan adalah IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT, dan QSPM Matrix. Pendekatan analisis SWOT bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis, serta Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengevaluasi dan memilih strategi pemasaran yang paling efektif. Penelitian ini menghasilkan solusi yaitu market penetration dengan pengadaan event untuk anakanak dan customer (Lomba menggambar, menyanyi, peringatan hari besar dll).

English Abstract

The objective of this research is to analyze the planning of business development strategy prepared by Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises (MSME) in One Stop food center in Arjowinangun. This research uses primary data, which was harvested from interviews with the food center’s tenants and visitors, and secondary data, which was acquired from related literatures and the enterprises’ data. The food center is poor in its customer traffic, which in the end reduced revenues necessary for development. Such condition is the background of this research. The objective is to identify the internal and external factors which affect the business of One Stop. The problems of this qualitative descriptive research were solved using IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, and QSPM Matrix. The Swot analysis was used to identify the business’ strengths, weaknesses, opportunities, and threats, while the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) was used to evaluate and to choose the most effective strategies. This study produces solutions in forms of intensive strategies manifested into market penetration, that is by organizing events for children and the customers such as drawing contest, singing contest, holiday celebration, and so on.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020127
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategi Pengembangan Bisnis, SWOT Matrix, QSPM Matrix
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:45
Last Modified: 26 Jul 2024 05:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221956
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hafidz Naufarizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item