Berliana Happy, Aurelia (2024) Motif Intrinsik dan Ekstrinsik Perilaku Konsumtif pada Konsumen iPhone di Forum iPhone Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masyarakat konsumen merupakan terminologi yang dilekatkan pada kondisi masyarakat kontemporer yang semakin berkutat pada kegiatan konsumsi. Salah satu fenomena yang menggambarkan kondisi tersebut adalah pola perilaku konsumtif. Untuk dapat memahami motif di balik pola perilaku konsumtif, diujikan dua variabel independen yang mewakili motif intrinsik dan ekstrinsik, yaitu tingkat kemudahan penggunaan (TKP) dan tingkat imbalan eksternal (TIE). Penelitian ini kemudian mengajukan dua hipotesis untuk menganalisis hubungan antara TKP dan TIE dengan pola perilaku konsumtif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei secara daring kepada kontributor grup Facebook Forum iPhone Malang periode Oktober 2023. Analisis data dilakukan terhadap 277 sampel melalui korelasi Kendall’s tau. Berdasarkan hasil uji statistik, TKP memiliki hubungan yang sedang dan searah dengan pola perilaku konsumtif (τb = .342, p = .000). Sementara itu TIE memiliki hubungan yang searah namun rendah dengan pola perilaku konsumtif (τb = .104, p = .016). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motif perilaku konsumtif pada konsumen iPhone di Forum iPhone Malang cenderung karena TKP yang meliputi nilai utilitarian (persepsi kegunaan dan kontrol) dan nilai hedonis (kesenangan dan keingintahuan) serta TIE (prestise, pujian, penerimaan, citra) yang diperoleh dari menggunakan iPhone. Temuan lainnya adalah terdapat kecenderungan pola konsumsi iPhone yang sama di tingkat lokal, yang kemudian berperan dalam membentuk pola konsumsi iPhone secara global.
English Abstract
Consumer society is a term attached to the condition of contemporary society which is increasingly concerned with consumption activities. One phenomenon that illustrates this condition is the pattern of consumptive behavior. To understand the motives behind consumptive behavior patterns, two independent variables representing intrinsic and extrinsic motives, namely the ease of use level (EOUL) and external rewards level (ERL), were tested. This study then proposes two hypotheses to analyze the relationship between EOUL and ERL with consumptive behavior patterns. The study used a quantitative approach with data collection techniques through an online survey to contributors of the Facebook group Forum iPhone Malang for the period October 2023. Data analysis was conducted on 277 samples through Kendall's tau correlation. Based on the statistical test results, EOUL has a moderate and unidirectional relationship with consumptive behavior patterns (τb = .342, p = .000). Meanwhile, ERL has a unidirectional but low relationship with consumptive behavior patterns (τb = .104, p = .016). Therefore, it can be concluded that the motives for consumptive behavior in iPhone consumers in Malang iPhone Forum tend to be due to EOUL which includes utilitarian value (perceived usefulness and control) and hedonic value (pleasure and curiosity) as well as ERL (prestige, praise, acceptance, image) obtained from using an iPhone. Another finding is that there is a tendency for the same pattern of iPhone consumption at the local level, which then plays a role in shaping iPhone consumption patterns globally.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:55 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221952 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AURELIA BERLIANA HAPPY.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |