Binastikha, Bilqis and Abdul Aziz SR, Dr. (2023) Instagram Politik Gubernur Ganjar Pranowo Tahun 2021 – 2023 Menuju Pemilihan Presiden 2024. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instagram dimanfaatkan oleh para politisi sebagai jembatan komunikasi antara politisi dengan masyarakat. Hal tersebut dipengaruhi oleh tingginya pengguna aktif instagram di Indonesia, oleh sebab itu politisi melihat peluang dalam pemanfaatan instagram untuk mencapai tujuan politiknya. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan politisi dengan elektabilitas yang tinggi dan merupakan bakal calon presiden PDI, Ganjar Pranowo telah menggunakan instagram sebagai wadah komunikasinya dengan masyarakat. Oleh karena itu, penulis melihat perlu adanya penelitian lebih mendalam akan bagaimana pemanfaatan instagram Gubernur Ganjar Pranowo menuju pemilihan presiden 2024. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui, dan meahami bagaimana isi konten serta pemanfaatan media sosial instagram politik akun instagram @Ganjar_Pranowo dari tahun 2021 – 2023. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi politik Dan Nimmo untuk menganalisis pembahasan penelitian menggunakan kacamata politik. Dalam teori Komunikasi Dan Nimmo terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu komunikator politik, pesan persuasi politik, media komunikasi politik, khalayak politik, dan efek politik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini mendapati bahwa Ganjar Pranowo rutin memberikan konten kepada masyarakat sejak menjabat sebagai anggota DPR. Penulis menemukan 18 kategori isi konten yang diunggah yaitu kesehatan, ekonomi, pembangunan, agama, pendidikan, olahraga, pariwisata, seni & budaya, partai & politik, pelayanan publik, penghargaan, bencana, pertanian, korupsi, keluarga, kuliner, ucapan, dan lain – lain. Hasil analisis dari isi konten akun instagram @Ganjar_Prranowo tahun 2021 – 2023 mendapati bahwa tidak terdapat retorika politik, propaganda politik, maupun iklan politik. Ganjar Pranowo tidak memiliki strategi khusus dalam usaha meningkatkan popularitas dan elektabilitas, konten instagram yang diunggah merupakan upaya akuntabilitas dan transparansi dalam menjalankan pemerinatahan Jawa Tengah.
English Abstract
Observing from the massive amount of instagram user among Indonesian, political actors notice the potential medium to build the communication that target the public in order to achive political interest. The political actor who took advantage of this phenomenon was Ganjar Pranowo, a political actor with high electability from data result and has received the mandate to become a presidential candidate from the PDIP party. Ganjar Pranowo using instagram as a medium of communication for civilian. Therefore, author sees the need for more in-depth research about the used of instagram Governor Ganjar Pranowo's ahead of the 2024 presidential election. This study aims analize, comprehend and determine the political aspect of instagran content and the used of instagram account @Ganjar_Pranowo since 2021 – 2023. The theory used in this research is Dan Nimmo political communication theory. There is some important factor in the Dan Nimmo’s Political Communication Theory is political communicator, persuasive political message, media, audience, effect. The method used in this research is descriptive qualitative method with data collection techniques interviews and documentations. The result of this study reveal that Ganjar Pranowo constantly uploaded content since he was a member of DPR. There is 18 categorize of content that found in Ganjar Pranowo’s instagram such as health, economy, infrastructure, religion, education, sport, tourism, art & culture, party & politics, awarding, disaster, agriculture, corruption, family, culinary, public sevice, and etc. The analysis result of instagram content from @Ganjar_Pranowo account find out that since 2021 – 2023 there was no political propaganda, rethoric, or political advertising was found. Ganjar Pranowo does not have any strategy in order to increase popularity and electability, instead all the effort of constantly uploading content in his instagram account is for accountability and transparency in running the Central Java government.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052311 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram Politik, Popularitas, Elektabilitas-Instagram Politics, Popularity, Electability |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 08:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 08:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221914 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bilqis Binastikha.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |