Hakim, Muhammad Jafar and Prof. Dr. Ir. Mimit Primyastanto, MP and Asyifa Anandya, S.Pi., M. Sc. (2024) Pengaruh Media Sosial Instagram dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Sea World Ancol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sea World Ancol merupakan daerah rekreasi bertemakan satwa yang memiliki kehidupan di dalam air. Sea World Ancol terletak di daerah DKI Jakarta tepatnya di Jakarta Utara. Sea World Ancol pertama kali berdiri pada tahun 1992 di area dengan seluas 3 hektar dengan bangunan utama kurang lebih 4,500 meter persegi. Pada era digital saat ini, media sosial terutama Instagram sangat umum digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk mereka dengan menggunakan metode electronic word of mouth (E-WOM) sebagai metode marketing utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung, electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung, serta pengaruh media sosial Instagram dan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini dilaksanakan selama Desember 2023 – Januari 2024 di Sea World Ancol dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang pernah melakukan kunjungan ke Sea World Ancol dalam kurun waktu satu tahun terakhir dengan kriteria >17 tahun. Adapun analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda. Dengan menggunakan Uji Koefisien determinasi (R2), Uji F, dan Uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 64% variabel dari media sosial Instagram dan electronic word of mouth mempengaruhi keputusan berkunjung di Sea World Ancol dan 36% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Secara bersama-sama/simultan variabel media sosial Instagram dan electronic word of mouth mempengaruhi keputusan berkunjung secara signifikan, dengan nilai Fhitung sebesar 140,199 sedangkan Ftabel sebesar 3,09 dan nilai signifikansi yakni 0,000 yang mana nilai sig < 0,05. Sedangkan secara parsial variabel media sosial Instagram berpengaruh secara signifikan, dapat diketahui bahwa thitung variabel media sosial Instagram (6.360) > ttabel (1,661) dan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. Untuk variabel electronic word of mouth secara parsial berpengaruh secara signifikan, dapat diketahui bahwa thitung variabel media sosial Instagram (8.240) > ttabel (1,661) dan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung berarti H0 diterima dan H1 ditolak, electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung berarti H0 diterima dan H1 ditolak, dan kedua variabel bebas media sosial instagram dan electronic word of mouth memliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yakni keputusan berkunjung berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Saran yang direkomendasikan dari penelitian ini adalah peneliti berharap kepada pengelola wisata dapat membagikan konten yang lebih mengedukatif tentang spesies laut yang ada di Sea World Ancol lewat Instagram sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian laut.
English Abstract
Sea World Ancol is an animal-themed recreation area that has life in the water. Sea World Ancol is located in the DKI Jakarta area, precisely in North Jakarta. Sea World Ancol was first established in 1992 in an area of 3 hectares with a main building of approximately 4,500 square meters. In today's digital era, social media, especially Instagram, is very commonly used by companies to promote or introduce their products using electronic word of mouth (E-WOM) as the main marketing method. This study aims to determine the effect of Instagram social media on visiting decisions, electronic word of mouth on visiting decisions, and the effect of Instagram social media and electronic word of mouth on visiting decisions. This research was conducted during December 2023 - January 2024 at Sea World Ancol using a quantitative descriptive approach. The sample used in this study amounted to 100 people who had visited Sea World Ancol within the past year with the criteria >17 years. The data analysis used is using multiple linear regression analysis. By using the coefficient of determination test (R2), F test, and t test. The results of this study indicate that 64% of variables from Instagram social media and electronic word of mouth influence visiting decisions at Sea World Ancol and 36% are influenced by other variables not examined in this study. Together / simultaneously the social media variables Instagram and electronic word of mouth significantly influence visiting decisions, with an Fcount value of 140.199 while the Ftable is 3.09 and a significance value of 0.000, where the sig value is <0.05. While partially the Instagram social media variable has a significant effect, it can be seen that the tcount of the Instagram social media variable (6.360)> ttable (1.661) and a significant value <0.05, namely 0.000. For the electronic word of mouth variable partially has a significant effect, it can be seen that the tcount of the Instagram social media variable (8,240) > ttable (1.661) and a significant value <0.05, namely 0.000. The conclusion of this study is that Instagram social media has a significant effect on visiting decisions, meaning that H0 is accepted and H1 is rejected, electronic word of mouth has a significant effect on visiting decisions, meaning that H0 is accepted and H1 is rejected, and both independent variables Instagram social media and electronic word of mouth have a significant effect on the dependent variable, namely visiting decisions, meaning that H0 is accepted and H1 is rejected. The recommended suggestion from this study is that researchers hope that tourism managers can share more educative content about marine species in Sea World Ancol via Instagram so that it can help raise awareness about the importance of preserving the sea.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524080164 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 08:34 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 08:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221880 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Jafar Hakim.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |