Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Pengerjaan Proyek Vlog Berita pada Materi Teks Berita di SMA Negeri 1 Kepanjen

Khotimah, Aisyah Husnul and Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Pengerjaan Proyek Vlog Berita pada Materi Teks Berita di SMA Negeri 1 Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan membutuhkan banyak inovasi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif demi memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media pembelajaran berbasis video yang diberikan kepada para siswa di kelas untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis video dalam pengerjaan proyek vlog berita dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes yang diberikan kepada siswa, sedangkan instrumen penelitian diambil melalui lembar observasi siswa, lembar aktivitas guru, instrument tes siswa dan instrument proyek vlog siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil dari data-data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis video dalam pengerjaan proyek vlog mampu menghidupkan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta dapat membantu siswa lebih memahami materi yang diberikan. Hasil ini dapat dibuktikan dengan suasana kelas yang jauh lebih kondusif dan menarik, serta nilai siswa yang tergolong bagus ketika diberi pengajaran menggunakan media video.

English Abstract

Education requires a lot of innovation to create effective learning in order to provide an enjoyable learning experience for students. One of the efforts that can be done is to maximize the use of learning media. This study focuses on the use of video-based learning media given to students in the classroom to determine the application of video-based learning media in working on news vlog projects and student learning outcomes by using video-based learning media in Indonesian subjects for grade XI students. This type of research is applied research with a qualitative approach. Data collection techniques include observations and tests given to students, while research instruments are taken through student observation sheets, teacher activity sheets, student test instruments and student vlog project instruments. Based on the research that has been done, the results of the data that have been obtained show that the use of video-based learning media in working on vlog projects is able to liven up a pleasant learning atmosphere and can help students better understand the material provided. This result can be proven by a much more conducive and interesting classroom atmosphere, as well as relatively good student grades when taught using video media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120065
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Pembelajaran, Video, Vlog, dan Teks Berita.Using, Learning Media, Video, Vlog, and News Text
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:33
Last Modified: 02 Jul 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221847
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisyah Husnul Khotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item