Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Ikan Segar di Pasar Setono Betek Kota Kediri, Jawa Timur

Hasanah, Dewi Nurhamidatul and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Ikan Segar di Pasar Setono Betek Kota Kediri, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Kediri merupakan kota di Jawa Timur dengan angka konsumsi ikan rendah dan tidak sejalan dengan volume produksi ikan yang mengalami peningkatan. Fenomena ini tentu berdampak pada pelaku usaha, salah satunya adalah pedagang ikan segar di Pasar Setono Betek. Pasar Setono Betek adalah pasar tradisional terbesar di Kota Kediri yang menjadi penyedia ikan segar terlengkap. Namun, sangat disayangkan penjualan ikan segar di Pasar Setono Betek belum stabil dan seringkali mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengaruh: 1) attitude terhadap purchase intention dan purchase decision, 2) subjective norm terhadap purchase intention dan purchase decision, 3) perceived behavioral control terhadap purchase intention dan purchase decision, 4) price terhadap purchase intention dan purchase decision. Sampel penelitian ini sebanyak 120 responden yang membeli ikan segar di Pasar Setono Betek dengan usia minimal 17 tahun, melakukan minimal satu kali pembelian dalam setahun dan membeli ikan untuk dikonsumsi keluarganya. Teknik pengambilan sampelnya adalah non probability dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attitude (A) berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) dengan signifikansi 0,048 dan koefisien beta 0,095, subjective norm (SN) berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) dengan signifikansi 0,078 dan koefisien beta 0,226, perceived behavioral control (PBC) berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) dengan signifikansi 0,068 dan koefisien beta 0,132, price (P) terhadap purchase decision (PD) dengan signifikansi <0,01 dan koefisien beta 0,398, attitude (A) berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (PI) dengan signifikansi 0,021 dan koefisien beta 0,180, subjective norm (SN) berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (PI) dengan signifikansi <0,01 dan koefisien beta 0,277, perceived behavioral control (PBC) berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (PI) dengan signifikansi 0,063 dan koefisien beta 0,136, price (P) terhadap purchase decision (PD) dengan signifikansi <0,01dan koefisien beta 0,308, attitude (A) berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) melalui purchase intention (PI), dengan signifikansi 0,068 dan koefisien beta 0,094, subjective norm (SN) berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) melalui purchase intention (PI), dengan signifikansi 0,011 dan koefisien beta 0,146, perceived behavioral control (PBC) tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) melalui purchase intention (PI), dengan signifikansi 0,132 dan koefisien beta -0,071, dan attitude (A) berpengaruh signifikan terhadap purchase decision (PD) melalui purchase intention (PI), dengan signifikansi 0,005 dan koefisien beta 0,161. Penelitian ini membuktikan attitude, subjective norm, dan price dengan purchase inetention sebagai perantara lebih efektif dalam meningkatkan purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080146
Uncontrolled Keywords: attitude, subjective norm, perceived behavioral control, price, purchase intention, purchase decision
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:33
Last Modified: 02 Jul 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221836
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewi Nurhamidatul Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item