Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Mas Koki (Carassius Auratus) di UD Tirta Mas Agung Abadi Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Prakoso, Calvin and Dr. Ir. Agus Tjahjono, MS. and Asyifa Anandya, S.Pi., M. Sc. (2024) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Mas Koki (Carassius Auratus) di UD Tirta Mas Agung Abadi Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu komoditas perikanan yang menjadi komoditas perdagangan potensial di dalam maupun di luar negeri. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi besar di sektor pembesaran ikan hias yaitu Kabupaten Tulungagung. Produksi ikan hias tertinggi di Kabupaten Tulungagung adalah ikan mas koki. Namun dilihat dari kondisi mendatang bahwa usaha pembesaran ikan mas koki di UD Tirta Mas Agung Abadi akan mengalami penurunan pendapatan di tahun yang akan mendatang dikarenakan harga pakan yang semakin meningkat dan banyaknya pesaing di bidang yang sama. Tujuannya penelitian ini yaitu untuk melakukan strategi pengembangan dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi terkait faktor internal dan eksternal selain itu menggunakan perhitungan matriks IFAS EFAS dan analisis QSPM sebagai strategi prioritas yang akan digunakan untuk strategi pengembangan UD Tirta Mas Agung Abadi Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 april sampai 30 april 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jenis dan sumber data terdapat data primer di dapat dari stakeholders yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner, dan data sekunder di peroleh dari UD Tirta Mas Agung Abadi berupa data laporan, publikasi artikel, jurnal maupun data BPS Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang merupakan populasi dari pekerja inti UD Tirta Mas Agung Abadi yang meliputi owner, direktur, manager mutu, manager oprasional, manager HRD, manager keuangan. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil penelitian ini menunjukan kondisi faktual terkait kekuatan yang ada pada UD Tirta Mas Agung Abadi meliputi, keanekaragaman jenis warna ikan mas koki lebih variatif, adanya karantina mandiri (CKIB), kerjasama dengan kelompok pembudidaya ikan mas koki, kerjasama dengan produsen pakan ikan, menggunakan obat buatan mandiri. Jam operasional yang kurang optimal, Kegiatan promosi di media sosial yang kurang maksimal, kepadatan tempat usaha pada akses jalur masuk, lahan parkir yang kurang memadai. Selanjutnya mengidentifikasi faktor eksternal untuk mengetahui kondisi faktual yang menjadi peluang dan ancaman dalam pengembangan UD Tirta Mas Agung Abadi Abadi sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam penentuan strategi pengembangan seperti, cakupan pasar yang luas, loyalitas konsumen yang cukup tinggi, tingginya komunitas pecinta ikan mas koki, adanya kontes perlombaan ikan mas koki, adanya edukasi dan pelatihan, trend dan selera yang berubah – ubah, dampak pengaruh perubahan iklim, serangan hama dan penyakit, tingginya tingkat pesaingan usaha, harga pakan yang selalu mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil perhitungan matriks IFAS dan EFAS memperoleh total nilai tertimbang dari faktor internal secara menyeluruh sebesar 3,51, sedangkan nilai tertimbang dari faktor eksternal secara menyeluruh sebesar 2,96, sehingga menandakan secara internal dan eksternal UD Tirta Mas Agung Abadi berada dalam posisi kuat. Selanjutnya berdasarkan perhitungan matriks IE hasil total nilai tertimbang IFAS sebesar 3,51 dan total nilai tertimbang EFAS didapat sebesar 2,95. Berdasarkan posisi tersebut dapat ditentukan bahwa titik pertemuan dari kedua sumbu tersebut berada pada sel ke-IV, menandakan berada di posisi tumbuh dan bina. Berdasarkan hasil perhitungan diagram analisis SWOT diketahui bahwa posisi strategi pada usaha pembesaran ikan mas koki. Terdapat nilai sumbu X sebesar 1,96 dan nilai sumbu Y sebesar 1,18. Letak posisi diagram SWOT pada usaha pembesaran ikan mas koki terletak pada kuadran I merupakan suatu posisi yang menguntungkan bagi UD Trita Mas Agung Abadi dikarenakan memiliki kekuatan secara internal yang kuat serta peluang pasar yang besar. Berdasarkan pada perhitungan analisis QSPM nilai tertinggi terdapat pada TAS sebesar 6,71. Sehingga strategi yang harus diutamakan atau di priorotasin adalah strategi SO yaitu dengan, menjaga komunikasi yang baik terhadap konsumen ataupun pelanggan dari dalam negeri atau luar negeri seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Taiwan dan Philipina. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap kualitas ikan seperti jenis dan warna ikan yang unik dapat menarik loyalitas konsumen untuk terus berkontribusi dalam pembelian dan hal tersebut yang menjadikan berjalannya komunikasi yang baik kepada konsumen dalam menciptakan peluang penjualan yang lebih besar terhadap kemajuan perusahaan. Rekomendasi yang harus di tingkatkan menurut saya bagi UD Tirta Mas Agung Abadi, perlu adanya perluasan lahan pada akses jalur masuk dan lahan khusus parkiran agar lebih mempermudah melayani konsumen. Selain itu perlu meningkatkan penjualan di media sosial dengan aktif dalam pembuatan konten yang menarik, dan melakukan endorsement bertujuan untuk dapat berdaya saing dengan pasar.

English Abstract

Ornamental fish is one of the fishery commodities which is a potential trade commodity at home and abroad. One area in Indonesia that has great potential in the ornamental fish rearing sector is Tulungagung Regency. The highest production of ornamental fish in Tulungagung Regency is goldfish. However, judging from future conditions, the goldfish rearing business at UD Tirta Mas Agung Abadi will experience a decline in income in the coming year due to increasing feed prices and the large number of competitors in the same field. The aim of this research is to carry out a development strategy using SWOT analysis to identify related internal and external factors in addition to using the IFAS EFAS matrix calculation and QSPM analysis as a priority strategy that will be used for the development strategy of UD Tirta Mas Agung Abadi, Tulungagung Regency, East Java. This research was conducted from April 15 to April 30 2024. This type of research is quantitative research using descriptive methods with a case study approach. Types and sources of data include primary data obtained from stakeholders which includes observations, interviews, documentation and questionnaires, and secondary data obtained from UD Tirta Mas Agung Abadi in the form of report data, published articles, journals and BPS Tulungagung data. The sampling technique uses purposive sampling which is a population of UD Tirta Mas Agung Abadi core workers which includes owner, director, quality manager, operational manager, HRD manager, financial manager. Data was analyzed using SWOT analysis and QSPM analysis. The results of this research show the factual conditions related to the strengths that exist at UD Tirta Mas Agung Abadi, including: more varied color types of goldfish, existence of self-quarantine (CKIB), collaboration with groups of goldfish breeders, collaboration with fish food producers, use of medicines. selfmade. Operational hours that are less than optimal, promotional activities on social media that are less than optimal, business premises density at the entrance route, inadequate parking space. Next, identify external factors to determine the factual conditions that are opportunities and threats in the development of UD Tirta Mas Agung Abadi Abadi as input and consideration in determining development strategies, such as wide market coverage, high consumer loyalty, a high community of goldfish lovers, goldfish competitions, education and training, changing trends and tastes, the impact of climate change, pest and disease attacks, high levels of business competition, ever-increasing feed prices. Based on the results of the IFAS and EFAS matrix calculations, the total weighted value of internal factors as a whole is 3.51, while the overall weighted value of external factors is 2.96, thus indicating that internally and externally UD Tirta Mas Agung Abadi is in a strong position. Furthermore, based on the IE matrix calculation, the total IFAS weighted value is 3.51 and the total EFASweighted value is 2.95. Based on this position, it can be determined that the meeting point of the two axes is in the fourth cell, indicating that it is in a position of growth and development. Based on the results of the SWOT analysis diagram calculations, it is known that the strategic position in the goldfish rearing business. There is an X axis value of 1.96 and a Y axis value of 1.18. The position of the SWOT diagram in the goldfish rearing business is located in quadrant I, which is a profitable position for UD Trita Mas Agung Abadi because it has strong internal strengths and large market opportunities. Based on QSPM analysis calculations, the highest value is found in TAS at 6.71. So the strategy that must be prioritized or prioritized is the SO strategy, namely by maintaining good communication with consumers or customers from within the country or abroad such as Malaysia, Vietnam, Thailand, Taiwan and the Philippines. By providing the best service and being able to meet consumer demand for fish quality, such as unique types and colors of fish, it can attract consumer loyalty to continue to contribute to purchases and this will enable good communication with consumers to create greater sales opportunities for the company's progress. In my opinion, the recommendation that needs to be improved is for UD Tirta Mas Agung Abadi, it is necessary to expand the land at the entrance access and special parking area to make it easier to serve consumers. Apart from that, it is necessary to increase sales on social media by actively creating interesting content and providing endorsements to be competitive with the market.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080139
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:28
Last Modified: 01 Jul 2024 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221825
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Calvin Prakoso.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item