Pemanfaatan Instagram Analisis untuk Mengetahui Pengaruh Waktu Penerbitan Konten pada Akun Instagram @selingkarfoeum

Azahra, Zaskiah Noor Devalia and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2024) Pemanfaatan Instagram Analisis untuk Mengetahui Pengaruh Waktu Penerbitan Konten pada Akun Instagram @selingkarfoeum. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis tingkat keterlibatan (engagement rate) konten yang diposting di akun @selingkarforum pada tiga waktu berbeda untuk meningkatkan engagement rate melalui evaluasi konten yang sudah di upload. Dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah membuplikasikan konten pada waktu yang sama mengkasilkan engagement rate yang sama serta identifikasi waktu mana yang menunjukan tingkat keterlibatan tertinggi dan terendah untuk menemukan rekomendasi waktu terbaik dalam menerbitkan konten. Proses akuisisi data dengan menggunakan teknik dokumentasi yang melibatkan pengumpulan 60 konten yang dikategorikan berdasarkan waktu penerbitanya seperti: (a) Pukul 10.00 WIB. (b) Pukul 15.00 WIB. (c) Pukul 16.00 WIB. Dari 60 konten tersebut dikumpulkan data berupa insight seperti like, comment, share dan save untuk dianalisis menggunakan rumus engagement rate lalu dibandingkan tingkat keterlibatanya. Didapatkan hasil berupa: (1) konten yang dipublikasikan pada jam yang sama miliki engagement rate berbeda (2) konten yang dipublikasikan pukul 15.00 WIB memiliki rata-rata engagement tertinggi sebesar 0,24%, sedangan konten yang diunggah pukul 10.00 WIB memiliki tingat engagement rate terendah dengan ratarata ER sebesar 0,18%. Adapun batasan masalah hanya berfokus pada pengaruh waktu (jam) penerbitan konten, sehingga penelitian berikutnya dapat menambah cakupan terkait jenis konten serta waktu penerbitan lainya yang belum dibahas pada penelitian ini

English Abstract

This research focuses on analyzing the engagement rate of content posted on the @selingkarforum account at three different times to increase engagement rate through evaluation of uploaded content. This research was conducted to find out whether posting content at the same time produces the same engagement rate and to identify which time shows the highest and lowest engagement rate to find the best time recommendation for publishing content. The data acquisition process using documentation techniques involved the collection of 60 contents categorized based on their publishing time such as: (a) 10:00 am. (b) At 15.00 WIB. (c) At 16.00 WIB. From the 60 contents, data was collected in the form of insights such as like, comment, share and save to be analyzed using the engagement rate formula and then compared to the level of engagement. The results obtained are: (1) content published at the same hour has a different engagement rate (2) content published at 15.00 WIB has the highest average engagement of 0.24%, while content uploaded at 10.00 WIB has the lowest engagement rate with an average ER of 0.18%. The problem limitation only focuses on the effect of time (hour) of content publishing, so that future research can add coverage related to other types of content and publishing times that have not been discussed in this study

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170154
Uncontrolled Keywords: Instagram, Penerbitan Konten, Engagement Rate- Instagram, Content Publishing, Engagement Rate
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:26
Last Modified: 01 Jul 2024 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221811
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zaskia Noor Devalia Azzahra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item