Analisis Posting di Waktu Aktif dan Waktu Tidak Aktif Dalam Meningkatkan Engagement Rate” (Studi Kasus : @aylish.idn)

Nurmanida, Najma Athiya and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2024) Analisis Posting di Waktu Aktif dan Waktu Tidak Aktif Dalam Meningkatkan Engagement Rate” (Studi Kasus : @aylish.idn). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Waktu posting konten yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan dalam melakukan promosi produk melalui media social Instagram karena waktu posting konten merupakan salah satu hal yang mempengaruhi engagement rate. Dengan memposting konten di waktu yang tepat akan mendapatkan eksposure yang maksimal dan meningkatkan engagement rate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan engagement rate antara konten yang di posting di waktu aktif dan waktu tidak aktif serta untuk mengukur seberapa besar perbandingan engagement rate tersebut. Selain itu, penelitian ini bertujuan juga untuk mengidentifikasi kapan waktu yang efektif dan tidak efektif untuk memposting konten supaya engagement rate meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angka yang akan dianalisis menggunakan rumus engagement rate. Dalam analisis tersebut diperlukan data-data yang harus dikumpulkan yaitu berupa angka jumlah like, comment, share & save yang diperoleh dari fitur insight instagram. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan selama 15 hari yaitu pada tanggal 22 April 2024 – 6 Mei 2024. Dari data yang sudah dianalisis didapatkan hasil penelitian bahwa : (1) Terdapat adanya perbandingan engagement rate antara posting di waktu aktif dan posting di waktu aktif. (2) Besar perbandingan engagement rate antara konten yang diposting pada waktu aktif dan waktu tidak aktif adalah sebesar 79.01%. (3) Waktu yang efektif untuk memposting konten pada instagram @aylish.idn dalam meningkatkan engagement rate adalah pukul 16:32 WIB, 16:38 WIB & 16:39 WIB dengan total engagement rate sejumlah 7.69%, sedangkan waktu yang tidak efektif untuk memposting konten pada instagram @aylish.idn dalam meningkatkan engagement rate adalah pukul 00:12 WIB dengan total engagement rate sejumlah 1.09%.

English Abstract

The appropriate timing for posting content is an essential factor to consider when promoting products through Instagram, as the timing of content posts significantly impacts the engagement rate. Posting content at the right time can achieve maximum exposure and increase the engagement rate. This research aims to determine whether there is a comparison in engagement rates between content posted during active and inactive times and to measure the extent of this comparison. Additionally, the research aims to identify the effective and ineffective times for posting content to enhance the engagement rate. This study employs a quantitative research method with data collection techniques involving numerical data, which will be analyzed using the engagement rate formula. The required data for this analysis includes the number of likes, comments, shares, and saves obtained from Instagram's insight feature. The data collection process for this research was conducted over 15 days, from April 22, 2024, to May 6, 2024. The analysis of the collected data revealed the following results: (1) There is a difference in engagement rates between posts made during active times and inactive times. (2) The difference in engagement rates between content posted during active and inactive times is 79.01%. (3) The effective times for posting content on the Instagram account @aylish.idn to increase the engagement rate are at 16:32 WIB, 16:38 WIB, and 16:39 WIB, with a total engagement rate of 7.69%. Conversely, the ineffective time for posting content on the Instagram account @aylish.idn to increase the engagement rate is at 00:12 WIB, with a total engagement rate of 1.09%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170141
Uncontrolled Keywords: instagram, engagement rate, waktu posting-instagram, engagement rate, time posting
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:15
Last Modified: 01 Jul 2024 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221782
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Najma Athiya Nurmanida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item