Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Mangga Agrimania (Mitra Binaan CSR PT KPI Unit VI Balongan)

Hidayat, Fawwaz Abdillah and Nanang A.S, S.M., M.M (2024) Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Mangga Agrimania (Mitra Binaan CSR PT KPI Unit VI Balongan). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transformasi digital memungkinkan kegiatan bisnis dilakukan secara online dan memberikan banyak dampak positif. Salah satu media sosial yang banyak dipilih untuk berbisnis adalah Instagram, yang dimana memiliki pengguna aktif yang besar di Indonesia. Instagram dinilai efektif dalam mempromosikan produk karena jangkauannya yang luas dan kemampuannya untuk mempengaruhi minat konsumen. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok (WTC) dalam mempromosikan produk mangga agrimania. Meskipun demikian, jumlah jangkauan dan interaksi pada akun Instagram mereka masih tergolong minim, sehingga diperlukan upaya optimalisasi yang lebih efektif untuk meningkatkan kedua hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada optimalisasi di Instagram @wtc_agrimania. Metode siklus dengan rincian 3 tahapan siklus mengunggah 24 konten dan jangka waktu lebih dari 1 bulan dipilih dalam penyelesaian tugas akhir ini. Target pencapaiannya terdiri dari poin like, respons, pertumbuhan followers, dan aktivitas profil. Metode pengumpulan data melalui diskusi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target pencapaian berhasil dicapai dan bahkan melebihi dari target yang telah ditetapkan. Penyebaran kuesioner juga digunakan untuk mengetahui respons dari followers Instagram @wtc_agrimania terkait dengan optimalisasi yang telah dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa followers akun Instagram @wtc_agrimania secara umum menyatakan persepsi positif terhadap optimalisasi yang telah dilakukan, baik itu dari segi konten, desain, informasi, ataupun promosi yang telah disampaikan.

English Abstract

Digital transformation allows business to be done online and has a lot of positive impact. One of the most popular social media for business is Instagram, which has a large number of active users in Indonesia. Instagram is considered effective in promoting products because of its wide reach and its ability to influence consumer interests. That is what is used by the Tani Wong Tanggul Ceblok Group (WTC) in promoting agrimania mango products. Despite this, the number of reaches and interactions on their Instagram accounts is still minimal, so more effective optimization efforts are needed to improve both. Therefore, this research focuses on optimization on Instagram @wtc_agrimania. The cycle method with detailed 3 phases of the cycle covers 24 contents and periods of more than 1 month selected in the completion of this final task. Achievement targets consist of like points, responses, followers growth, and profile activity. Methods of gathering data through discussion, observation, interview, and documentation. The results of the research show that the target achievement has been successfully achieved and even exceeded the set targets. The dissemination of the questionnaire is also used to find out the responses from Instagram followers @wtc_agrimania related to the optimization that has been done. The results showed that Instagram followers @wtc_agrimania generally expressed a positive perception of the optimization that has been made, whether in terms of content, design, information, or promotions that have been delivered.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170135
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial, Instagram, Promosi, Optimalisasi-Social Media Marketing, Instagram, Promotion, Optimalization
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:35
Last Modified: 28 Jun 2024 08:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221759
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Irkhas Riyan Arroyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item