Rancangan Strategi Promosi Fitur Layanan Aplikasi Pegadaian Digital di PT. Pegadaian Kantor Cabang Pati

Aulia, Devina Fadia Kanaya and Susilowati, S.Sos., M.AB (2024) Rancangan Strategi Promosi Fitur Layanan Aplikasi Pegadaian Digital di PT. Pegadaian Kantor Cabang Pati. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi Pegadaian Digital merupakan fitur layanan online untuk membantu kegiatan perniagaan dan pelayanan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) menjadi lebih efektif dan efisien. Kemajuan di industri keuangan seperti financial technology (fintech) telah membawa perubahan perilaku konsumen yang cenderung beralih ke layanan digital. Layanan teknologi ini akan berkontribusi pada kegiatan promosi yang bertujuan untuk mempertahankan konsumen. Tujuan utama tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui bagaimana rancangan strategi promosi untuk menyebarluaskan informasi dan menarik penggunaan fitur layanan aplikasi Pegadaian Digital di PT. Pegadaian Kantor Cabang Pati. Metode penyelesaian tugas akhir yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi pengambilan data adalah di Jalan Tombronegoro, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa rancangan strategi promosi penggunaan fitur layanan aplikasi Pegadaian Digital ada 4 cara yaitu Periklanan (advertensi) dengan menyebar brosur online dan offline. Promosi penjualan (sales promotion) melakukan program-program gratis. Publisitas (publicity) melakukan literasi langsung. Penjualan personal (personal selling) melakukan promosi personal di ruang nasabah. Adapun saran dari penulis agar tidak hanya memfokuskan promosi terhadap produk, namun juga memperhatikan efisiensi dan efektifitas pelayanan yang diberikan dengan memanfaatkan aplikasi Pegadaian Digital.

English Abstract

Pegadaian Digital application is an online service feature designed to enhance the efficiency and effectiveness of business activities and customer services at PT. Pegadaian (Persero). Advances in the financial industry, such as financial technology (fintech), have led to changes in consumer behavior, which increasingly leans towards digital services. This technology service will contribute to promotional activities aimed at retaining customers. The main objective of this final project is to determine the promotional strategy design to disseminate information and attract the use of the Pegadaian Digital application service features at PT. Pegadaian Cabang Pati. The method used in this final project is qualitative with a descriptive approach. The data collection location is on Tombronegoro Street, Pati Lor, Pati, Central Java. The data collection techniques employed are interviews, observations, and documentation. The results of this final project conclude that there are four strategies for promoting the use of the Pegadaian Digital application service features: Advertising by distributing brochures both online and offline, Sales Promotion by running free programs, Publicity by direct literacy, and Personal Selling by conducting personal promotions in the customer area. The author's suggestion is to not only focus on product promotion, but also pay attention to the efficiency and effectiveness of the services provided by utilizing the Pegadaian Digital application.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170122
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Layanan Online, Aplikasi Pegadaian Digital-Promotion Strategy, Online Services, Aplikasi Pegadaian Digital
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:59
Last Modified: 28 Jun 2024 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221711
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Devina Fadia Kanaya Aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item