Pebandingan Waktu Pengiriman Email Marketing Pada Platform MailerLite Dalam Meningkatkan Open Rate (Studi Kasus : Koding Next)

Sandora, Aprilia Putri and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2024) Pebandingan Waktu Pengiriman Email Marketing Pada Platform MailerLite Dalam Meningkatkan Open Rate (Studi Kasus : Koding Next). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan waktu waktu kirim dapat mempengaruhi jumlah open rate pada email marketing. Serta, dengan penelitian ini untuk mengidentifikasi rentan waktu yang efektif untuk mengirim email marketing. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Microsoft Excel sebagai instrumen untuk menghitung regresi dan mengolah data. Proses akuisisi data melibatkan studi literatur, eksperimen dan juga dokumentasi. Tahapan analisis data dengan menghitung nilai regresi. Hasilnya sebagai berikut: (1) Perbedaan waktu kirim memiliki pengaruh sebesar 0,812 terhadap jumlah open rate pada email marketing dan tergolong kuat karena hasil hitung R2>0,5. (2) Waktu pengiriman yang menghasilkan open rate tertinggi pada rentan waktu pukul 10.00-10.59 dengan hasil 30,16% dan untuk open rate terendah berada pada rentan waktu pukul 14.00-14.59 dengan jumlah open rate 18,61%. Penelitian ini hanya berfokus pada jumlah open rate yang dipengaruhi oleh waktu kirim. Sehingga untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan lagi mengenai email marketing.

English Abstract

This research aims to investigate whether differences in sending time can affect the number of open rates in email marketing. Additionally, the research seeks to identify the most effective time window for sending email marketing campaigns. The research method used in this study is a quantitative method with Microsoft Excel as an instrument to calculate regression and process data. The data acquisition process involves literature review, experiments, and documentation. The data analysis phase involves regression value calculation. The results are as follows: (1) The difference in sending time has an influence of 0.812 on the number of open rates in email marketing and is classified as strong because the calculated R2>0.5. (2) The sending time that produces the highest open rate is at the vulnerable time of 10.00-10.59 with the result of 30.16% and for the lowest open rate is at the vulnerable time of 14.00-14.59 with an open rate of 18.61%. This study only focuses on the number of open rates that are influenced by the time of sending. Therefore, it is hoped that future researchers will further develop this topic in the realm of email marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170116
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Email Marketing, Open Rate, MailerLite
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:59
Last Modified: 28 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221698
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aprilia Putri Sandora.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item