Arthamevia, Dhena and Artanti, Ratih and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D. and Rahayu Kusumaningrum, ST., M.Sc. (2024) Evaluasi dan Penanganan Simpang Jalan Laksda Adi Sucipto Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemacetan pada simpang Jalan Laksda Adi Sucipto di Kecamatan Blimbing Kota Malang cenderung disebabkan oleh volume lalu lintas yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang, serta memberikan alternatif penanganan yang paling efektif antara rekayasa fase lalu lintas, rekayasa geometri/pelebaran jalan, dan pembangunan bangunan penunjang berupa flyover. Data-data yang diperlukan untuk mengetahui kondisi eksisting pada studi ini adalah data primer yang meliputi data lalu lintas, data geometrik dan data hambatan samping. Hasil penilaian menunjukkan derajat kejenuhan sebesar 1,47 dengan tundaan rata-rata 475,5 det/smp pada jam puncak, sehingga tingkat pelayanannya pun rendah, dengan nilai indeks pelayanan F. Hasil penilaian ini, kemudian dijadikan dasar pemberian alternatif yang dapat meningkatkan kinerja simpang. Dari hasil analisis, antara alternatif yang diberikan yaitu rekayasa fase lalu lintas, pelebaran geometri jalan, dan membangun flyover, yang dapat mengurangi derajat kejenuhan menjadi 0,28 dengan tundaan rata-rata simpang 14,56 det/smp pada jam puncak, dengan tingkat pelayanan naik menjadi A adalah hasil dari penggunaan alternatif pembangunan flyover. Dengan peningkatan nilai indeks pelayanan yang signifikan dapat disimpulkan bahwa pembangunan flyover pada simpang Jl. Laksda Adi Sucipto dinyatakan paling efektif dalam mengatasi kemacetan pada simpang ini.
English Abstract
The congestion at the intersection of the Laksda Adi Sucipto street in the sub-district of Blimbing, Malang City tends to be caused by heavy traffic volume. This thesis aims to assess the intersection performance, as well as provide the most effective alternative to treat the congestion by using traffic phase engineering, geometric design/adding lanes, and building a flyover. The required data to assess the existing condition of the intersection covered primary data, which include traffic data, geometric data, and roadside obstacles data. The results of the assessment showed a degree of saturation of 1,47 at the peak hour, therefore the service level was categorized as low, with the index value F. The results of this assessment were then used as the basis of alternative that can improve the performance of the intersection. From the result of the analysis, the alternative that proves to be most effective is building a flyover, this alternative reduces the degree of saturation to 0.28 at peak hour, with the service level rising to A. From the calculations result, it can be concluded that the alternative most effective to treat the congestion at Laksda Adi Sucipto intersection is building a flyover.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524070145 |
Uncontrolled Keywords: | Flyover, Simpang Bersinyal, Simpang Jl. Laksda Adi Sucipto |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:34 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 04:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221687 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
DELIA HAZNA FARADILA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhena Arthamevia.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Actions (login required)
View Item |