Analisis Pengaruh Beban Kendaraan terhadap Faktor Beban Dinamis (FBD) pada Struktur Jembatan Rangka Baja

Mughni, Badruz Zamanul and Dr. Ir. Wisnumurti, MT. and Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, M. D., MS. (2024) Analisis Pengaruh Beban Kendaraan terhadap Faktor Beban Dinamis (FBD) pada Struktur Jembatan Rangka Baja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Struktur jembatan menyerap beban dinamis yang ditimbulkan oleh lalu lintas kendaraan di jembatan. Beban dinamis yang ditimbulkan oleh kendaraan akan memperbesar beban pada struktur jembatan. Jika menganut SNI 1725: 2016 tentang pembebanan jembatan, beban kendaraan akan diasumsikan sebagai beban statis. Untuk mencapai nilai amplifikasi beban dinamis, ditentukan faktor beban dinamis (FBD) yang mewakili rasio pengaruh beban dinamis terhadap beban statis pada kendaraan. Nilai dari FBD yang terdapat pada SNI 1725:2016 berkisar antara 30% hingga 40%. Nilai tersebut hanya mempertimbangkan pengaruh dari bentang jembatan. Namun dalam kondisi sebenarnya di lapangan, interaksi dinamis juga dapat dipengaruhi oleh beban kendaraan. Berdasarkan penjelasan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh beban kendaraan terhadap faktor beban dinamis (FBD) struktur jembatan khususnya jembatan rangka baja dan merumuskan persamaan pendekatan untuk melihat pengaruhnya. Pada penelitian ini, dilakukan pemodelan struktur jembatan dan pembebanan menggunakan program komputer. Dimensi struktur jembatan diambil dari Pedoman Gambar Standar Rangka Baja No: 07/BM/2005 dengan bentang 40 m. Ukuran dan dimensi beban kendaraan, diambil dari beban truk standar SNI 1725:2016. Pemodelan terdiri dari pemodelan jembatan secara statis dan pemodelan jembatan secara dinamis. Pemodelan jembatan secara statis dilakukan dengan memodelkan struktur jembatan dan diberikan beban kendaraan berupa point load yang diletakkan di tengah bentang. Sedangkan untuk pemodelan secara dinamis dilakukan dengan memodelkan struktur jembatan dan diberikan beban kendaraan berjalan (moving load) yang melintasi jembatan dengan kecepatan 60 km/jam dengan berat masing masing 100, 150, 200, 250, 300, 350, 400, 450, dan 500 kN. Dari kedua pemodelan tersebut akan didapatkan respon gaya dalam dan lendutan yang akan digunakan untuk mendapatkan nilai dari Faktor Beban Dinamis (FBD) dengan cara membandingkan respon dinamis terhadap respon statis. Hasil analisis Faktor Beban Dinamis (FBD) didapatkan dari hasil perbandingan respon gaya aksial tekan, gaya aksial tarik, dan lendutan antara beban kendaraan dinamis dengan beban statis pada gelagar induk. Berdasarkan hasil analisis didapatkan untuk hubungan FBD terhadap beban kendaraan dengan nilai terbesar yaitu akibat respon gaya aksial tekan dengan rasio antara beban dinamis dan beban statis di rentang 0,19% - 0,34%. Persamaan regresi untuk hubungan kedua variabel tersebut yaitu FBD = 0,0039 W-0,033, dengan syarat bentang jembatan rangka baja 40 m. Untuk memudahkan dalam pengaplikasian, maka dibuat persamaan hubungan FBD dengan beban kendaraan dan bentang jembatan sesuai dengan SNI 1725:2016 dan didapatkan persamaan FBD = 1,32 L-0.277 W-0,033 .

English Abstract

Bridge structure receives dynamic loads originating from traffic on it. The dynamic load due to the vehicle will have an amplification effect on the bridge structure. Based on SNI 1725: 2016 about Bridge Loading Standards, traffic loads are designed as static loads. To fulfill the dynamic load amplification value, the Dynamic Load Allowance (DLA) is determined. It is used to describe the ratio of the dynamic load effect to the static load of the vehicle, which is around 30% - 40% and is only reviewed on the bridge span, even though in reality dynamic amplification effect can also be influenced by vehicle weight. Based on the statement before, this study aims to analyze the effect of vehicle weight on the Dynamic Load Allowance (DLA) on bridge structures, especially steel truss bridges so that an approach equation can be formulated for this. In this study, bridge dan vehicle load modeling was carried out using a software. The dimensions of the bridge structure are taken from the Steel Truss Standard Drawing Guidelines No: 07/BM/2005 with a span of 40 m. The size and dimension of the vehicle load taken from the standard truckload SNI 1725:2016. Traffic load modeling consists of static bridge modeling and dynamic bridge modeling. Static bridge modeling is done by modeling the bridge structure and giving a vehicle load as a point load placed in the middle of the span. While for dynamic modeling is done by modeling the bridge structure and giving it a moving load of vehicles crossing the bridge with various weight of 100, 150, 200, 250, 300, 350, 400, 450, and 500 kilonewtons. From both models, the internal force response and displacement will be obtained and will be used to obtain the value of the Dynamic Load Allowance (DLA) by comparing the dynamic response to the static response. The results of the Dynamic Load Allowance (DLA) analysis are obtained from the comparison of the response of compressive axial force, tensile axial force, and displacement between dynamic loads and static loads on the main truss. Based on the results of the analysis, it is found that the largest value of the relation between Dynamic Load Allowance (DLA) and vehicle weight is due to the response of compressive axial force with the ratio between dynamic load and static load in the range of 0,19% - 0,34%. The regression equation for the relation between the two variables is DLA = 0,0039 W-0,033, with the condition that the span of the steel truss bridge is 40 m. To simplify the application, the equation is merge with vehicle weight and bridge span by SNI 1725: 2016. Then the equation of DLA = 1,32 L-0.277 W-0,033 is obtained

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070141
Uncontrolled Keywords: beban dinamis, beban lalu lintas, Faktor Beban Dinamis (FBD), jembatan rangka baja.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:05
Last Modified: 24 Jun 2024 05:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221668
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BADRUZ ZAMANUL MUGHNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item