Identifikasi Peran Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Usaha terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Putra Jaya 2

Hakim, Salman (2024) Identifikasi Peran Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Usaha terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Putra Jaya 2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Usaha berperan dalam mempengaruhi tingkat Loyalitas pelanggan Toko Putra Jaya 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Putra Jaya 2 dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yang diuji menggunakan bantuan Software Statistic SPSS 22 For Windows. Hasil penelitian variabel Harga memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Diperoleh juga thitung sebesar 4,886 > 1,978 yang artinya variabel harga berpengaruh positifi dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel kelengkapan produk memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Diperoleh juga thitung sebesar 6,564 > 1,978. Yang artinya variabel Kelengkapan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Lokasi Usaha memiliki memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Diperoleh juga thitung sebesar 4,858 > 1,978. Yang artinya variabel lokasi usaha berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. berdasarkan hasil uji koefisien determinisi didapatkan R Square sebesar 0,677 yang dapat diartikan bahwa variabel Harga, Kelengkapan produk dan Lokasi Usaha berpengaruh sebesar 67% terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan 33% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

English Abstract

The objective of this research is to identify whether price, product completeness, and business location are influential for the loyalty of the customers of Toko Putra Jaya 2. The population of this quantitative explanatory research is the store’s customers, and 130 of them were selected as the sample. The processes incorporated in this research are instrument test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing; all of which were performed in SPSS 22 for Windows. This study finds that price has the significance value of 0.000 < 0.05 and tstatistics of 4.886 > 1.978, which means that price positively and significantly influences customer loyalty, then, product completeness has the significance value of 0.000 < 0.05 and tstatistics of 6.564 > 1.978, which means that product completeness positively and significantly affects customer loyalty. Business location has the significance value of 0.000 < 0.05 and tstatistics of 4.858 > 1.978, which means that business location also positively and significantly impacts customer loyalty. Further, the coefficient of determination test resulted in the R squared value of 0.677. This means that the contribution of price, product completeness, and business location on customer loyalty is 67%, while the remaining 33% is the effects of other variables not discussed in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052401
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:50
Last Modified: 21 Jun 2024 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221664
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salman Hakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item