Mandala, Ony Ratri Suradinata (2024) Peran Gaya Kepemimpinan Transaksional Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Unit Bisnis Kur Pt. Bank X Cabang Probolinggo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepemimpinan menjadi faktor krusial dalam sebuah organisasi. Peran pemimpin begitu sangat penting untuk mampu membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugas organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan maksimal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkap dan memahami peran gaya kepemimpinan transaksional, dan mengetahui hasil implementasi dari penerapan peran gaya kepemimpinan transaksional yang diterapkan pemimpin PT Bank X Cabang Probolinggo dalam meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakam pendekatan kualitatif metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara karyawan unit bisnis KUR PT. Bank X Cabang Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang dapat digunakan dalam studi deskriptif kualitatif yaitu partisipan observasi, wawancara mendalam, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil implementasi kepemimpinan transaksional dapat menjadi faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja karyawan. Penerapan kepemimpinan transaksional dapat diidentifikasi dengan permasalahan karyawan mengalami penurunan motivasi kerja, penurunan kinerja, dan tidak terselesaikan pekerjaan dengan baik. Peran kepemimpinan transaksional memiliki dampak yang baik dan efektif untuk karyawan, karena dapat memberikan arahan dan bimbingan dalam bekerja. Peran kepemimpinan transaksional juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik, dengan adanya sikap dukungan yang diberikan oleh pemimpin terhadap karyawan, pemberian nilai – nilai terhadap karyawan (sikap saling percaya, saling menjaga, dan menjalin kekompakan dalam satu team). Tindakan ini bermaksud untuk menjadikan karyawan memiliki rasa kebersamaan dan rasa tanggung jawab satu dengan lainnya maupun terhadap organisasi di PT. Bank X Cabang Probolinggo. Pengimplementasian peran gaya kepemimpinan transaksional juga dapat diidentifikasi melalui memberikan imbalan kontigen (contingent reward) seperti memberikan bonus, insentif, maupun kenaikan jabatan. manajemen eksepsi aktif (active management by exception) dengan melakukan pengawasan ke setiap karyawan melalui daily activity rencana kerja disertai dokumentasi foto, dan Manajemen eksepsi pasif (passive management by exception) dengan mengevaluasi kinerja karyawan untuk terhindar dari sanksi.
English Abstract
Leadership is a crucial factor in an organization. Leaders play a very important role in guiding their subordinates to carry out their duties so that organizational goals can be achieved optimally. The main objective of this research is to reveal and understand the role of transactional leadership style and to determine the results of the said style by the leaders of PT Bank X branch of Probolinggo in employee motivation and performance. The data of this qualitative case study was obtained from observation, documentation, and interviews with the employees of KUR business unit of PT. Bank X branch of Probolinggo. Techniques that can be used to collect data for qualitative descriptive studies are participatory observation, indepth interviews, and document review. In this research the data analysis was performed using the Miles and Huberman’s model. The outcomes of the implementation of transactional leadership can be a factor that influences employee motivation and performance. The application of transactional leadership can be identified from the presence of employee problems such as decreased motivation, decreased performance, and failure to complete the work well. Transactional leadership has a good and effective impact on employees because it allows the delivery of direction and guidance. Transactional leadership can also create a good work environment through support from leaders to employees and instilment of values such as trust, attentiveness, and team solidity in employees. These actions grow a sense of togetherness and responsibility both among employees and between employees and the organization. The implementation of transactional leadership can also be identified from contingent rewards such as providing bonuses, incentives, and promotions, from active management by exception through employee supervision on daily activity plans that are accompanied by photo documentation, and from passive management by exception through employee performance evaluation in order to keep employees away from sanctions.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 052401 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:45 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221656 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ONY RATRI SURADINATA MANDALA.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |