Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)

Rizqi Ramadhanty, Nadhif (2024) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan kepemilikan keluarga terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini mencakup perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2020 hingga 2022. Pemilihan sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan, sehingga menghasilkan total sampel sebanyak 72 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS untuk menguji setiap hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar ukuran perusahaan dan tingkat leverage dalam perusahaan dapat meningkatkan praktik manajemen laba. Akan tetapi, struktur kepemilikan keluarga dalam perusahaan tidak dapat memengaruhi praktik manajemen laba.

English Abstract

The objective of the study is to examine the influence of size firm, leverage, and family ownership disclosure on earnings management. The population in this study included the food and beverage companies listed on the Indonesian Stock Exchange from 2020 to 2022. The samples were determined using the purposive sampling technique with several predetermined criteria, resulting in a total of 72 samples. The data used in this study is secondary data obtained from the company's financial reports and annual reports. The data analysis technique used is multiple linear regression using SPSS to test each hypothesis in this study. The results of the study demonstrate that the bigger firm size and leverage can improve the earnings management. However, structure family ownership in company does not affect the earnings management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052401
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:00
Last Modified: 21 Jun 2024 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221613
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadhif Rizqi Ramadhanty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item