Dewi, Mega Ayu Yunita and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Strategi Pemasaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha “Agung Koi Farm” Di Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Agung Koi Farm merupakan salah satu tempat usaha budidaya ikan koi yang terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Usaha ini berfokus dalam bidang pembesaran dan pemasaran ikan koi. Agung Koi Farm memiliki keunggulan produk yang baik dan sudah terjamin kualitasnya. Usaha ini menjadi salah satu usaha budidaya ikan koi lokal yang dapat memasarkan ikannya hingga mancanegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kondisi aktual penerapan strategi bauran pemasaran, mengetahui kondisi aktual penerapan segmentation, targeting dan positioning dan menganalisis pengembangan strategi alternatif yang efektif untuk memasarkan ikan koi pada usaha Agung Koi Farm. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktiptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Sampel diambil dari pihak internal yang meliputi pemilik dan staff sedangkan, sampel dari pihak eksternal adalah konsumen/tengkulak. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Linear Time Function dan menghasilkan 30 responden dari pihak eksternal. Teknik pengambilan sampel menggnakan sampling jenuh dan purposive sampling. Total responden yang digunakan dari pihak internal dan eksternal adalah 38 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode SWOT yaitu dengan mengidentifikasi kekuatan (S), kelemahan (W), peluang (O) dan ancaman (T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi aktual penerapan startegi bauran pemasaran pada usaha Agung Koi Farm dalam kondisi yang baik. Produk Agung Koi Farm memiliki kualitas yang unggul serta memiliki ragam jenis ikan koi yang bervariasi, memiliki garansi dan pengemasan produk dilakukan dengan baik. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 – Rp2.000.000 tergantung pada grade dan ukuran ikan, usaha ini tidakviii menerapkan strategi diskon untuk pelanggan. Agung Koi Farm melakukan promosi dengan 3 cara yakni melalui penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan lelang. Lokasi Agung Koi Farm dapat dikatakan strategis karena memiliki akses jalan yang mudah, memiliki 2 saluran pemasaran, pendistribusian yang dilakukan oleh perusahaan mencakup seluruh wilayah di Indonesia dan beberapa negara luar, memiliki transportasi yang memadai untuk digunakan selama proses pendistribusian. Kondisi aktual penerapan segmenting, targeting, positioning pada usaha Agung Koi Farm juga dalam kondisi yang baik dan tepat sasaran pasar. Segmentasi pasar dibagi menjadi 3 yaitu segmentasi geografis, demografis dan tingkah laku. Berdasarkan segmentasi geografis , pasar atau konsumen yang dituju oleh Agung Koi Farm adalah pasar nasional dan internasional. Berdasarkan segmentasi demografis, konsumen yang dituju adalah semua kalangan baik jenis kelamin laki-laki atau perempuan yang memiliki minat atau hobi mengembangkan atau memelihara ikan koi, tidak ada batasan usia dan kelas yang dituju adalah menengah ke atas. Sedangkan berdasarkan segmenting perilaku, pasar yang dituju merupakan konsumen yang mengetahui dan menyadari akan sisi ekonomi dari ikan koi, konsumen yang memiliki minat tinggi terhadap ikan koi. Target yang dituju oleh dari Agung Koi Farm yaitu konsumen dalam dan luar negeri yang memang memiliki minat terhadap ikan koi. Agung Koi Farm memposisikan usahanya sebagai perusahaan yang menjual ikan koi dengan kualitas yang baik dengan melakukan perawatan, karantina dan pengemasan yang baik, selalu memperhatikan dan melakukan pengontrolan pada ikan sebelum dikirim, memberikan pelayanan yang ramah, sabar, memberi kesan nyaman dan responnsive terhadap konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT usaha ini berada pada kuadran I atau dalam strategi S-O. Fokus strategi ini adalah untuk mengoptimalkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Agung Koi Farm harus menerapkan startegi agresif dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Strategi agresif yang diperoleh yaitu memanfaatkan kualitas produk dan garansi untuk mempertahankan minat konusmen, menciptakan hubungan baik antara karyawan dan konsumen untuk memperluas target pemasaran, menggunakan teknologi internet sebagai sarana promosi dan penjualan dan memperluas jaringan pemasaran hingga ke pasar internasional. Saran yang dapat diberikan bagi pemilik usaha yaitu meningkatkan pemanfaatan teknologi internet untuk melakukan kegiatan promosi dan penjualan digital agarix produk ikan Agung Koi Farm lebih dikenal oleh masyarkat yang lebih luas lagi. Bagi peneliti dijadikan rujukan sebagai bahan untuk penelitian selanjutnya mengenai strategi pemasaran usaha terkait budidaya ikan koi maupun usaha lainnya.
English Abstract
Agung Koi Farm is a koi fish cultivation business located in Karanganyar Village, Wates District, Kediri Regency. This business focuses on growing and marketing koi fish. Agung Koi Farm has good product excellence and its quality is guaranteed. This business is one of the local koi fish cultivation businesses that can market its fish internationally. The purpose of this research is to analyze and determine the actual conditions of implementing marketing mix strategies, determine the actual conditions of implementing segmentation, targeting and positioning and analyze development strategy alternative which effectiveto market koi fish at the “Agung Koi Farm” business. This research was conducted in January 2024. The type of research used is descriptive research with qualitative and quantitative research methods. The data sources used include primary and secondary data. Samples were taken from internal parties which included owners and staff, while samples from external parties were consumers/middlemen. Determining the number of samples using the method Linear Time Functions and produced 30 respondents from external parties. The sampling technique use saturation sampling and purposive sampling.The total number of respondents used from internal and external parties was 38 people. Data collection techniques used include observation, interviews and documentation. The analysis method used in this research is the SWOT method, namely by identifying strengths (S), weaknesses (W), opportunities (O) and threats (T). The research results show that the actual conditions for implementing the marketing mix strategy in the Agung Koi Farm business are in good condition. Agung Koi Farm products have superior quality and have various types of koi fish, have a guarantee and product packaging is done well. The prices offered are very affordable starting from IDR 5,000 – IDR 2,000,000 depending on the grade and size of the fish, this business does not apply a discount strategy for customers. Agung Koi Farm carries out promotions in 3 ways, namely through private sales, public relations and auctions. The location of Agung Koi Farm canxi be said to be strategic because it has easy road access, has 2 marketing channels, distribution carried out by the company covers all regions in Indonesia and several foreign countries, and has adequate transportation to use during the distribution process. The actual condition of the implementation of segmenting, targeting, positioning in the Agung Koi Farm business is also in good condition and right on target market. Market segmentation is divided into 3, namely geographic, demographic and behavioral segmentation. Based on geographic segmentation, the markets or consumers targeted by Agung Koi Farm are national and international markets. Based on demographic segmentation, the target consumers are all groups, both male and female, who have an interest or hobby in developing or keeping koi fish, there is no age limit and the target class is middle to upper class. Meanwhile, based on behavioral segmenting, the target market is consumers who know and are aware of the economic side of koi fish, consumers who have a high interest in koi fish. The target intended by Agung Koi Farm is domestic and foreign consumers who really have an interest in koi fish. Agung Koi Farm positions its business as a company that sells good quality koi fish by carrying out good care, quarantine and packaging, always paying attention and controlling the fish before sending, providing friendly, patient service, giving a comfortable and responsive impression to consumers. Based on the results of the SWOT analysis, this business is in quadrant I or in the SO strategy. The focus of this strategy is to optimize strengths by taking advantage of existing opportunities. The conclusion of this research is that Agung Koi Farm must implement an aggressive strategy by using strength to take full advantage of opportunities. The aggressive strategy obtained is utilizing product quality and guarantees to maintain consumer interest, creating good relationships between employees and consumers to expand marketing targets, using internet technology as a means of promotion and sales and expanding marketing networks to international markets. Advice that can be given to business owners is to increase the use of internet technology to carry out digital promotional and sales activities so that Agung Koi Farm fish products are better known to the wider community. For researchers, it is used as a reference as material for further research regarding business marketing strategies related to koi fish cultivation and other businesses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524080121 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 08:28 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 08:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221558 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mega Ayu Yunita Dewi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |