Pengaruh Promosi Online melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian dengan Electronic Word of Mouth (eWOM) sebagai Variabel Mediasi: Studi Pada Produk Olahan Perikanan di “UMKM Gerai D’pita”, Kota Depok, Jawa Barat

Prasasti, Chairliania Putri and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Pengaruh Promosi Online melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian dengan Electronic Word of Mouth (eWOM) sebagai Variabel Mediasi: Studi Pada Produk Olahan Perikanan di “UMKM Gerai D’pita”, Kota Depok, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM Gerai D’pita merupakan UMKM yang berdiri sejak tahun 2018 yang hanya berfokus pada produk perikanan seperti bakso Ikan lele (Basille D’pita), snack kulit Ikan patin (Crissle D’pita), dan Ikan lele fillet asli (Le Fillas D’pita). Selain itu, UMKM Gerai D’Pita dianggap sebagai pionir dalam mengolah Ikan lele menjadi bakso Ikan lele (Basille) di Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Menganalisis pengaruh promosi online melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian, pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap keputusan pembelian, mengetahui peran promosi online melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian, dan mengetahui peran Electronic Word of Mouth (eWOM) dalam memediasi hubungan promosi online melalui media sosial terhadap keputusan pembelian di UMKM Gerai D’pita. Metode yang digunakan selama penelitian ini yaitu metode pengumpulan data seperti kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan, yang dimulai pada Bulan Januari hingga Bulan Februari menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu sebanyak 111 responden yang pernah melakukan pembelian di UMKM Gerai D’pita menggunakan media sosial Instagram dengan kriteria batas usia mulai dari 17 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa Promosi Online Media Sosial merupakan faktor terpenting pada penelitian ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media sosial khususnya media Instagram memiliki pengaruh yang penting terhadap usaha di UMKM Gerai D’pita yang mampu menciptakan keputusan pembelian konsumen untuk produk-produk yang diolah. Promosi Online Media Sosial yang diikuti dengan memanfaatkan Electronic Word of Mouth mampu menambah rasa keinginan untuk melakukan pembelian produk seperti memberikan content terkait bentuk gambar dari produk, intensity untuk membuat konsumen memberikan tanggapan atau ulasan yang baik terhadap produk sehingga akan memberikan dampak yang baik pada keputusan pembelian konsumen untuk melakukan pembelian produk-produk di UMKM Gerai D’pita. Berdasarkan hasil yang didapat pemilik UMKM Gerai D’pita dapat menggunakan dan memaksimalkan penggunaan media sosial khususnya Instagram terutama pada sisi context yang mendapatkan penilaian terbesar dari konsumen yang akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk UMKM Gerai D’pita. Selain itu, pemilik UMKM Gerai D’pita dapat memaksimalkan penggunaan Electronic Word of Mouth terutama pada sisi konten, seperti membuat konten yang menarik terkait produk yang diolah sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk di UMKM Gerai D’pita

English Abstract

MSME Gerai D'pita is an MSME that was founded in 2018 and only focuses on fishery products such as catfish meatballs (Basille D'pita), catfish skin snacks (Crissle D'pita), and original catfish fillets (Le Fillas D' tape). Apart from that, Gerai MSME Gerai D'pita is considered a pioneer in processing catfish into catfish meatballs (Basille) in Cilodong District, Depok City. Analyzing the influence of online promotions via Instagram social media on purchasing decisions, the influence of Electronic Word of Mouth (eWOM) on purchasing decisions, knowing the role of online promotions via Instagram social media on purchasing decisions, and knowing the role of Electronic Word of Mouth (eWOM) in mediating promotional relationships online via social media on purchasing decisions at Gerai D'pita MSMEs. The methods used during this research were data collection methods such as questionnaires, interviews, documentation and quantitative data analysis. This research was carried out over a period of one month, starting from January to February using a descriptive-quantitative approach. The sample used for this research was 111 respondents who had made purchases at Gerai D'pita MSMEs using the social media Instagram with age limit criteria starting from 17 years. The data analysis used was using WarpPLS 7.0. The results obtained in this research show that Social Media Online Promotion is the most important factor in this research, so it can be concluded that by utilizing social media, especially Instagram media, it has an important influence on businesses at Gerai D'pita MSMEs which are able to create consumer purchasing decisions for products. -processed products. Online Social Media Promotion which is followed by utilizing Electronic Word of Mouth can increase the feeling of desire to purchase a product such as providing content related to the image form of the product, intensity to make consumers give good responses or reviews to the product so that it will have a good impact on purchasing decisions consumers to purchase products at MSME Gerai D'pita. Based on the results obtained, Gerai D'pita MSME owners can use and maximize the use of social media, especially Instagram, especially on the context side which gets the greatest assessment from consumers which will increase consumer purchasing decisions for Gerai D'pita MSME products. Apart from that, Gerai D'pita MSME owners can maximize the use of Electronic Word of Mouth, especially on the content side, such as creating interesting content related to the products they process so that they can increase consumer purchasing decisions for products at D'pita Gerai MSMEs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080113
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:55
Last Modified: 27 Jun 2024 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221542
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chairliania Putri Prasasti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item