Khoiriyah, Arnada and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP and Assyifa Anandya, Spi., M.Sc (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Melakukan Pembelian Ikan Segar di Pasar Ikan Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Angka konsumsi ikan di Kabupaten Tangerang terus mengalami kenaikan selama empat tahun terakhir. Akan tetapi, target konsumsi ikan pada tahun 2022 tidak terpenuhi. Target konsumsi ikan Kabupaten Tangerang pada tahun 2022 adalah sebesar 2.132 kg/tahun, sedangkan angka konsumsi Kabupaten Tangerang adalah sebesar 1.093 kg/tahun. Pasar Ikan Cituis merupakan salah satu pasar ikan terbesar di Kabupaten Tangerang. Lokasi Pasar Ikan Cituis dekat dengan Pelabuhan dan TPI sehingga di dominasi oleh ikan laut. Ikan yang dijual di pasar ikan cituis biasanya hasil ikan yang tidak terjual dengan pelelangan, ataupun memang pedagang yang membeli dalam sistem pelelangan tersebut. Konsumen yang membeli ikan di Pasar ikan memiliki perilaku yang berbeda dalam pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu, menjadi hal yang menarik untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ikan di pasar ikan cituis. Faktor tersebut meliputi budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Kemampuan faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ikan di pasar ikan Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, 2) Faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ikan di pasar ikan Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, 3) Faktor yang berpengaruh dominan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ikan di pasar ikan Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan rumus bernoulli dalam pengambilan sampel. Sempel yang digunakan dalam penelitian adalah 97 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang diunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Koefisien determinasi (R) digunakan untuk menganalisis seberapa berpengaruh variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis dalam pengambilan keputusan. Uji F digunakan untuk mengetahui variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Uji t dugunakan untuk menganalisis budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara masing-masing/parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian didapatkan bahwa 65% variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ikan di pasar ikan Cituis dan 35% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Secara bersama-sama/simultan variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mempengaruhi keputusan pembelian dengan Fhitung sebesar 46,194 sedangkan Ftabel sebesar 2,47 dan nilai Signifikansi F adalah 0,000 artinya Sig F < 0,05. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian ikan di Pasar Cituis adalah variabel pribadi. Variabel pribadi berpengaruh positif dan sigifikan terhadap keputusan pembelian ikan di Pasar Cituis. Sedangkan, variabel budaya, sosial, dan psikologis secara masing-masing berpengaruh negatif dan sigifikan terhadap keputusan pembelian ikan di Pasar Cituis. Hasil dari faktor budaya yang bernilai negatif dijelaskan pada setiap indikator sebagai berikut : 1) Semakin konsumen membeli ikan karena pergeseran budaya mengkonsumsi protein daging menjadi ikan maka keputusan pembelian akan bertambah, nyatanya tidak terjadi pergesaran budaya protein pengganti daging sehingga keputusan pembelian menurun. 2) Semakin konsumen dekat dengan lokasi Pasar Cituis maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya konsumen berlokasi jauh dari Pasar Cituis sehingga keputusan pembelian akan menurun. 3) Semakin konsumen membeli di Pasar Cituis untuk meningkatkan status sosial maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya dengan membeli di Pasar Cituis tidak dapat meningkatkan status sosial sehingga keputusan pembelian menurun. Hasil dari faktor sosial yang bernilai negatif dijelaskan pada setiap indikator sebagai berikut : 1) Semakin konsumen melihat tetangganya membeli di Pasar Cituis maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya tetangga konsumen tidak membeli di Pasar Cituis sehingga keputusan pembelian menurun. 2) Semakin adanya keinginan keluarga konsumen mengkonsumsi ikan maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya keluarga konsumen tidak menuntut ikan sebagai menu hidangan sehingga keputusan pembelian akan menurun. 3) Semakin konsumen membeli ikan di Pasar Cituis karena rekomendasi teman maka pembelian akan meningkatkan, nyatanya konsumen tidak mendapatkan rekomendasi dari teman sehingga keputusan pembelian menurun. Kesimpulan dari faktor psikologis yang bernilai negatif dijelaskan pada setiap indikator sebagai berikut : 1) Semakin konsumen termotivasi membeli ikan tangkapan laut maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya konsumen tidak termotivasi membeli ikan tangkapan laut sehingga keputusan pembelian menurun. 2) Semakin konsumen menganggap ikan di Pasar Cituis adalah ikan segar maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya beberapa ikan yang dijual kurang segar sehingga keputusan pembelian menurun. 3) Semakin konsumen membeli ikan karena kandungan gizi maka pembelian akan meningkat, nyatanya kandungan gizi tidak menjadi prioritas dalam pembelian sehingga keputusan pembelian akan menurun. 4) Semakin konsumen membeli ikan di Pasar Cituis karena higienis maka keputusan pembelian akan meningkat, nyatanya ikan yang dijual masih diletakan ditempat yang kurang higienis sehingga keputusan pembelian menurun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pengaruh variabel independen yaitu kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis mempengaruhi keputusan pembelian di Pasar Cituis sebesar 65%. Variabel kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian pada produk ikan laut di Pasar Cituis. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian ikan di Pasar Cituis adalah variabel pribadi. Variabel pribadi berpengaruh positif dan sigifikan terhadap keputusan pembelian ikan di Pasar Cituis. Sedangkan, variabel budaya, sosial, dan psikologis secara masing-masing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ikan di Pasar Cituis. Saran yang dapat direkomendasikan dari penelitian ini adalah Diharapkan pengelola Pasar Cituis dapat menyediakan e-commerce dengan sistem delivery order melalui whatsapp, instagram ataupun media sosial lainnya yang dapat memudahkan pembeli membeli ikan dari rumah, pengelola dan pedagang pasar ikan dapat membuat variasi harga agar dapat bersaing dengan pasar lainnya. Pada hari-hari besar seperti tahun baru diharapkan dapat menyediakan stok ikan sehingga tidak terjadi kenaikan harga yang tinggi. Pengelola pasar dapat melakukan promosi untuk lebih memperkenalkan Pasar Cituis, Pengelelola Pasar Cituis dapat membuat diversifikasi produk seperti cumi-cumi kering, pengelola Pasar Cituis dapat menambahkan fasilitas berupa cold storage, pengelola Pasar Cituis dapat melakukan pengolahan pasca penangkapan agar ikan labih tahan lama.
English Abstract
The fish consumption rate in Tangerang Regency has continued to increase over the past four years. However, the fish consumption target for 2022 was not met. The target for fish consumption in Tangerang District in 2022 is 2,132 kg/year, while the consumption rate in Tangerang District is 1,093 kg/year. Cituis Fish Market is one of the largest fish markets in Tangerang Regency. The location of the Cituis Fish Market is close to the Port and TPI, so it is dominated by sea fish. Fish sold at the Cituis fish market are usually the result of unsold fish from the auction, or indeed traders who buy in the auction system. Consumers who buy fish at the fish market have different behaviors in making purchasing decisions. Therefore, it is interesting to know and analyze the factors that influence consumer behavior in fish purchasing decisions at the cituis fish market. These factors include cultural, social, personal and psychological. The purpose of this study was to determine and analyze 1) The ability of cultural, social, personal and psychological factors to influence consumer behavior in fish purchasing decisions at the Cituis fish market, Pakuhaji District, Tangerang Regency, 2) Cultural, social, personal and psychological factors that influence consumer behavior in fish purchasing decisions at the Cituis fish market, Pakuhaji District, Tangerang Regency, 3) Factors that have a dominant influence on consumer behavior in fish purchasing decisions at the Cituis fish market, Pakuhaji District, Tangerang Regency. This study used the bernoulli formula in sampling. The sample used in the study was 97 respondents with the sampling technique using purposive sampling technique. Data analysis used in this study is multiple linear regression analysis. The coefficient of determination (R) is used to analyze how influential cultural, social, personal, and psychological variables are in decision making. The F test is used to determine cultural, social, personal, and psychological variables simultaneously affect purchasing decisions. The t test is used to analyze cultural, social, personal, and psychological variables respectively / partially affect purchasing decisions. The results showed that 65% of cultural, social, personal, and psychological variables influence consumer behavior in fish purchasing decisions at the Cituis fish market and 35% are influenced by other factors not examined. Together / simultaneously cultural, social, personal, and psychological variables influence purchasing decisions with an Fcount of 46.194 while the Ftable is 2.47 and the F Significance value is 0.000, meaning Sig F <0.05. The most dominant variable influencing fish purchasing decisions at the Cituis Market is the personal variable. Personal variables have a positive and significant effect on fish purchasing decisions at Cituis Market. Meanwhile, cultural, social, and psychological variables each have a negative and significant effect on fish purchasing decisions at the Cituis Market. The results of the negative cultural factors are explained in each indicator as follows: 1) The more consumers buy fish because of a cultural shift in consuming meat protein to fish, the purchase decision will increase, in fact there is no cultural shift in meat substitute protein so that purchasing decisions decrease. 2) The more consumers are close to the location of the Cituis Market, the purchasing decisions will increase, in fact consumers are located far from the Cituis Market so that purchasing decisions will decrease. 3) The more consumers buy at the Cituis Market to improve social status, the purchasing decision will increase, in fact by buying at Pasa Cituis, the purchasing decision will decrease. The results of negative social factors are explained in each indicator as follows: 1) The more consumers see their neighbors buying at the Cituis Market, the purchasing decisions will increase, in fact, consumer neighbors do not buy at the Cituis Market so that purchasing decisions decrease. 2) The more the consumer's family wants to consume fish, the purchasing decision will increase, in fact the consumer's family does not demand fish as a dish menu so that the purchasing decision will decrease. 3) The more consumers buy fish at the Cituis Market because of friends' recommendations, the purchase will increase, in fact consumers do not get recommendations from friends so that purchasing decisions decrease. The conclusion of the negative psychological factors is explained in each indicator as follows: 1) The more motivated consumers are to buy sea-caught fish, the purchasing decisions will increase, in fact consumers are not motivated to buy seacaught fish so that purchasing decisions decrease. 2) The more consumers think that the fish in the Cituis Market is fresh fish, the purchasing decision will increase, in fact some of the fish sold are less fresh so that the purchasing decision decreases. 3) The more consumers buy fish because of the nutritional content, the purchase will increase, in fact the nutritional content is not a priority in purchasing so that purchasing decisions will decrease. 4) The more consumers buy fish at the Cituis Market because it is hygienic, the purchasing decision will increase, in fact the fish sold is still placed in a place that is less hygienic so that the purchasing decision decreases. The conclusion of this study is that the influence of independent variables, namely cultural, social, personal, and psychological, influences purchasing decisions at the Cituis Market by 65%. Cultural, social, personal, and psychological variables jointly influence purchasing decisions on marine fish products at the Cituis Market. The most dominant variable influencing fish purchasing decisions in Cituis Market is personal variables. Personal variables have a positive and significant effect on fish purchasing decisions at the Cituis Market. Meanwhile, cultural, social, and psychological variables each have a negative and significant effect on fish purchasing decisions at Cituis Market.. Suggestions that can be recommended from this research are It is hoped that the Cituis Market manager can provide e-commerce with a delivery order system via WhatsApp, Instagram or other social media that can make it easier for buyers to buy fish from home, fish market managers and traders can make price variations in order to compete with other markets. On big days such as the New Year, it is expected to provide fish stocks so that there is no high price increase. Market managers can carry out promotions to further introduce Cituis Market, Cituis Market managers can diversify products such as dried squid, Cituis Market managers can add facilities in the form of cold storage, Cituis Market managers can carry out post-capture processing so that the fish is more durable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524080109 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 08:29 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 08:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221534 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arnada Khoiriyah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |