Analisis Keputusan Pembelian Jasa Towing Motor di Kota Malang (Studi Pada Tantra Storing Malang)

Tantra Taruwara, Apta (2023) Analisis Keputusan Pembelian Jasa Towing Motor di Kota Malang (Studi Pada Tantra Storing Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Maraknya bisnis jasa layanan towing motor di Indonesia, khususnya di Kota Malang, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek internal dan eksternal dalam keputusan pembelian jasa towing motor di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 8 informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aspek internal yang membuat keputusan pembelian jasa towing motor di Kota Malang diantaranya, kebutuhan konsumen akan jasa towing motor, kualitas pelayanan jasa towing motor, harga jasa towing motor. Sementara itu, aspek eksternal yang membuat keputusan pembelian jasa towing motor di Kota Malang adalah gaya hidup, budaya, motivasi dan keterlibatan. Berdasarkan analisis terhadap aspek yang membuat minat beli konsumen untuk memesan layanan towing motor, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan merupakan faktor yang paling penting. Kualitas layanan yang tinggi dapat memberikan kepuasan bagi konsumen dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian ulang. Selain kualitas layanan, aspek lain yang juga dapat mempengaruhi minat beli konsumen adalah jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran yang luas dapat meningkatkan visibilitas perusahaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap layanan yang ditawarkan. Terakhir, Tantra Storing Malang juga dapat melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui aspek lain yang dapat mengetahui keputusan pembelian jasa towing motor di Kota Malang. Hal ini dapat dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan konsumen dan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

English Abstract

The increase in motorcycle towing business in Indonesia, particularly in Malang City, is the reason for this research to be conducted. Its objective is to identify the internal and external aspects for people’s decision of use the towing service in Malang City. The sample of this qualitative descriptive research was selected using purposive sampling technique, resulting in the inclusion of eight informants. The data was harvested via interviews and documentation. This study finds that the internal aspects that drive people’s decision to purchase the motorcycle towing service are consumer’s need for the service, the quality of the service, and the cost for having the service. Meanwhile, the external aspects are lifestyle, culture, motivation and involvement. Based on the identified aspects, it can be concluded that service quality is the most important factor. High service quality can produce satisfaction for customers and make them to repurchase the service. Another crucial factor for the purchase decision is marketing network. Broad marketing network can enhance company visibility and improve people’s awareness of the offered service. Tantra Storing Malang needs to conduct its own research in order to identify other factors that can also influence the decision to purchase motorcycle towing service in Malang City, by which the company can have a better understanding about customer needs and develop more effective marketing strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 20 Jun 2024 09:05
Last Modified: 20 Jun 2024 09:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221533
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Apta Tantra Taruwara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item