Agustin, Yolanda Suciati and I Gede Eko Putra Sri Sentanu, S.AP., M.AP., Ph.D (2024) Strategi Promosi Perpustakaan melalui MediaSosial (Studi Pada Perpustakaan Kementerian Agama RI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan Kementerian Agama RI adalah jenis perpustakaan khusus yangmemiliki koleksi literatur keagamaan, hasil riset, dan penelitian yang terdapat dalam koleksi Balai Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Keagamaan(Balitbang Diklat Pers), yang meliputi kajian tentang fenomena keagamaanbaikdi skala nasional maupun lokal. Perpustakaan ini sudah menggunakan mediasosial sebagai bagian promosi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikandanmenganalisis Implementasi strategi promosi yang saat ini diterapkanolehPerpustakaan Kementerian Agama RI melalui media sosial serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menerapkan strategi promosi di media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif denganpendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitianyangterdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa strategi yangdilaksanakan oleh Perpustakaan Kemenag RI yaitu mencakup konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi. Dalam hal konteks, perpustakaanmenciptakan konten menarik dan bervariasi yang sesuai dengan jadwal mingguan. Komunikasi difokuskan pada interaksi aktif dan penggunaan tagar relevan. Kolaborasi yang efektif dengan instansi lain dan tokoh ternama meningkatkanvisibilitas dan keterlibatan pengguna. Koneksi dengan pengguna dipeliharamelalui layanan responsif dan komunitas online yang solid. Faktor pendukungdalam penerapan strategi promosi melalui media sosial Perpustakaan KemenagRI meliputi penggunaan beragam platform media sosial, penyajian berbagai jeniskonten, interaksi aktif dengan pengguna, penggunaan jargon menarik, danfitur evaluasi. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan SDM, anggaran, aksesteknologi dan fitur baru, prosedur respons masukan yang tidak sistematis, sertakendala kolaborasi dan prosedur kerja sama.
English Abstract
The Ministry of Religious Affairs Library of the Republic of Indonesia is a special type of library that houses collections of religious literature, research results, andstudies available in the collections of the Research and Development Center for Religious Education and Training (Balitbang Diklat Pers), which includes studieson religious phenomena at both national and local levels. This library has beenutilizing social media as part of its promotional efforts. This study aims todescribe and analyze the implementation of the current promotional strategyapplied by the Ministry of Religious Affairs Library through social media andtoidentify the supporting and inhibiting factors faced in implementing the social media promotion strategy. The type of research used is descriptive withaqualitative approach. This study was conducted using a research methodconsisting of data collection, data condensation, data presentation, and conclusiondrawing. The results of the study indicate that the strategy implemented bytheMinistry of Religious Affairs Library includes context, communication, collaboration, and connection. In terms of context, the library creates engagingand varied content according to a weekly schedule. Communication focuses onactive interaction and the use of relevant hashtags. Effective collaborationwithother institutions and notable figures increases visibility and user engagement. Connection with users is maintained through responsive services and a solidonline community. Supporting factors in the implementation of the social mediapromotion strategy by the Ministry of Religious Affairs Library include the useof various social media platforms, presentation of various types of content, activeinteraction with users, the use of engaging jargon, and evaluation features. Theinhibiting factors are the limitations of human resources, budget, access totechnology and new features, unsystematic response procedures, and collaborationand cooperation procedure challenges.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030282 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi Perpustakaan, Strategi, dan Media Sosial. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 05:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 05:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221527 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yolanda Suciati Agustin.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |