Pengaruh Penggunaan Bimbingan Belajar Daring Terhadap Motivasi Belajar dan Kepuasan Siswa SMA di Indonesia (Studi Pada Pengguna Aplikasi Ruangguru)

Prabawaningtyas, Rahmawati and Dr. Imam Hanafi, S.Sos., M.Si (2024) Pengaruh Penggunaan Bimbingan Belajar Daring Terhadap Motivasi Belajar dan Kepuasan Siswa SMA di Indonesia (Studi Pada Pengguna Aplikasi Ruangguru). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk pendidikan nonformal yang melengkapi proses belajar siswa. Salah satu contoh lembaga bimbingan belajar akademik adalah Ruangguru. Program lembaga bimbingan belajar diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meraih hasil belajar yang baik. Penggunaan lembaga bimbingan belajar diharapkan dapat membantu mendorong motivasi belajar, juga dapat mempengaruhi kepuasan siswa sebagai penggunanya. Pada saat kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) dilaksanakan di masa pandemi COVID-19, terdapat kenaikan pengguna Ruangguru hingga 46% di akhir tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh bimbingan belajar daring di Ruangguru terhadap motivasi belajar dan kepuasan siswa SMA di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan beberapa kriteria sehingga menghasilkan 400 sampel siswa SMA di Indonesia yang menggunakan Ruangguru. Pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan secara daring, sementara data sekunder didapatkan dari buku, artikel jurnal, dan lainnya. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS 19. Hasil penelitian membuktikan bimbingan belajar daring di Ruangguru secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan kepuasan siswa SMA di Indonesia.

English Abstract

Tutoring is a form of non-formal education that complements the student learning process. Ruangguru is example of an academic tutoring institution. The tutoring program is expected to be able to increase students' learning motivation so that they can achieve good learning outcomes. The use of tutoring program is expected to help encourage learning motivation, and also affect student satisfaction as the users. When the learning from home (BDR) policy was implemented during the COVID19 pandemic, there was an increase in Ruangguru users of up to 46% at the end of 2020. This study aims to determine and explain the impact of online tutoring on Ruangguru on the learning motivation and satisfaction of high school students in Indonesia. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sampling technique is purposive sampling with several criteria, resulting in 400 samples of high school students in Indonesia who use Ruangguru. Primary data was collected through questionnaires that were distributed online, while secondary data was obtained from books, journal articles, etc. The analysis techniques used in this study are descriptive statistics analysis and simple linear regression analysis with the help of the SPSS 19 data processing application. The results of this study prove that online tutoring on Ruangguru partially has a significant impact on the learning motivation and satisfaction of high school students in Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030270
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Kepuasan Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:56
Last Modified: 22 Jul 2024 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221491
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAHMAWATI PRABAWANINGTYAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item