Ramadhani, Nabila and Dr. Moh. Said, S.Sos., M.AP. (2024) Pengaruh Information Quality, System Quality, dan Service Quality terhadap User Satisfaction Menggunakan Information System Success Model DeLone and McLean (Studi Pada Aplikasi Jaklitera Perpustakaan Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi, khususnya teknologi komputer dan internet, telah mengubah cara manusia mendapatkan dan menyebarkan informasi serta berkomunikasi sehari-hari. Perpustakaan sebagai institusi pelayanan publik juga perlu beradaptasi dengan perkembangan ini untuk meningkatkan kualitas layanannya. Perpustakaan Jakarta mengembangkan Aplikasi Jaklitera untuk memberikan kualitas layanan terbaik kepada pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh information quality, system quality dan service quality terhadap user satisfaction pada Aplikasi Jaklitera dengan menggunakan Information System Success Model DeLone and McLean. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari jumlah populasi pengguna aktif Aplikasi Jaklitera yang tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling, dengan kriteria sampel merupakan anggota Perpustakaan Jakarta, pengguna Aplikasi Jaklitera, melakukan peminjaman buku pada Aplikasi Jaklitera, dan melakukan reservasi pengunjung pada Aplikasi Jaklitera. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh information quality terhadap user satisfaction dengan nilai t hitung sebesar 2.566 dan sig. sebesar 0.012, (2) terdapat pengaruh system quality terhadap user satisfaction dengan nilai t hitung sebesar 2.191 dan sig. sebesar 0.031, (3) terdapat pengaruh service quality terhadap user satisfaction dengan nilai t hitung sebesar 4.084 dan sig. sebesar 0.001. Selain itu, penelitian ini menyatakan bahwa user satisfaction dipengaruhi oleh variabel bebas sebesar 0.479 atau 47.9%, sedangkan 52.1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
English Abstract
In the current digital era, the development of information technology, especially computer and internet technology, has changed the way humans obtain and disseminate information and communicate on a daily basis. Libraries as public service institutions also need to adapt to these developments to improve the quality of their services. The Jakarta Library developed the Jaklitera Application to provide the best quality service to visitors. This research aims to determine and analyze the influence of information quality, system quality and service quality on user satisfaction in the Jaklitera Application using the DeLone and McLean Information System Success Model. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The number of samples in this study were 100 respondents from an unknown population of active Jaklitera Application users. The sampling technique used was purposive sampling, with the sample criteria being a member of the Jakarta Library, a user of the Jaklitera Application, borrowing books on the Jaklitera Application, and making visitor reservations on the Jaklitera Application. The data analysis techniques used in this study are descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: (1) there is an effect of information quality on user satisfaction with a t value of 2.566 and sig. of 0.012, (2) there is an effect of system quality on user satisfaction with a t value of 2.191 and sig. of 0.031, (3) there is an effect of service quality on user satisfaction with a t value of 4.084 and sig. of 0.001. In addition, this study states that user satisfaction is influenced by independent variables of 0.479 or 47.9%, while the remaining 52.1% is influenced by other variables not discussed in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030264 |
Uncontrolled Keywords: | Information Quality, System Quality, Service Quality, User Satisfaction, Aplikasi Jaklitera |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 09:30 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 09:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221474 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
NABILA RAMADHANI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |