Dampak Beban Kendaraan Berlebih Terhadap Keandalan Dan Usia Layan Jalan

Miftahulkhair, Muh. and Dr. Ir. Muhammad Zainul Arifin, MT and Fauzul Rizal Sutikno, ST, MT, Ph.D (2024) Dampak Beban Kendaraan Berlebih Terhadap Keandalan Dan Usia Layan Jalan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan sosial-ekonomi suatu daerah sangat bergantung pada efisiensi dan keandalan infrastruktur transportasi, dengan jaringan jalan yang berfungsi sebagai urat nadi vital bagi kegiatan ekonomi dan konektivitas masyarakat. Di Provinsi Sulawesi Barat, upaya yang sedang berlangsung untuk meningkatkan jaringan jalan dan layanan terkait merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong pembangunan daerah. Hubungan yang rumit antara pembangunan infrastruktur transportasi dan tantangan yang terus menerus ditimbulkan oleh kendaraan bermuatan lebih, khususnya pada ruas jalan Nasional Mamuju - Bts. Kab. Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kendaraan berlebih terhadap keandalan dan sisa dari masa layan jalan. Metode pendekatan pengumpulan data dilakukan berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari BPJN Sulawesi Barat dan Selatan, BMKG Sulawesi Barat, PU Bina Marga Surabaya, Pengumpulan data meliputi nilai IRI, nilai beban kendara, nilai lendutan eksisting perkerasan. Ruas jalan yang dikaji sebagai objek studi dengan panjang jalan 3700m. Sedangkan metode analisis untuk prediksi nilai IRI dan peningkatan tebal lapis perkerasan adalah metode MEPDG, untuk mengetahui dampak beban kendaraan terhadap perkerasan digunakan metode Truck factor, Prediksi konsumsi bahan bakar menggunakan metode XRSI dan untuk membuat rencana penanganan jalan mengacu pada Permen PU No. 3 Tahun 2011 Terkait Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilaian Jalan. Hasil analisis menunjukkan dengan adanya overload pada kendaraan yang berpengaruh terhadap keandalan jalan, dimanah struktur jalan yang paling berpengaruh akibat overload terjadi pada lapisan perkerasan jika dibandingkan dengan lapisan fondasi dan tanah dasar dengan kebutuhan tebal lapis tambah 170-205 mm dengan umur rencana 10 tahun. Selain itu, penggunaan konsumsi bahan bakar meningkat hingga 6% dan peningkatan biaya terjadi hingga 8% jika dibandingkan tanpa adanya kendaraan overload yang melintas. Pada ruas jalan yang tinjau terjadi penurunan sisa masa layan dimanah penurunan nilai IRI dari 6,37 m/Km menjadi 11,95 m/Km pada tahun kesepuluh. Kendaraan yang kelebihan beban mempercepat peningkatan nilai IRI, yang menyebabkan kerusakan yang lebih cepat dari umur rencana. Untuk mengatasi masalah ini, jalan akan ditingkatkan pada tahun keempat dan ketiga, dengan kerusakan yang terjadi pada tahun keempat dan kelima. Pemeliharaan rutin akan dilakukan selama dua tahun untuk memastikan jalan tetap berada dalam kisaran IRI 4 m/Km. Kesimpulannya, dengan adanya beban berlebih pada kendaraan akan berdampak padah keandalan dari struktur perkerasan jalan, kebutuhan tebal serta konsumsi bahan bakar kendaraan dan mampu mengurangi usia pakai dari perkerasan jalan. Sehingga perlu adanya rencana program penanganan jalan untuk mempertahankan kondisi jalan.

English Abstract

The socio-economic progress of a region depends heavily on the efficiency and reliability of its transportation infrastructure, with the road network serving as a vital lifeline for economic activity and community connectivity. In West Sulawesi Province, ongoing efforts to improve the road network and related services are strategic initiatives aimed at enhancing economic growth and driving regional development. The complex relationship between transportation infrastructure development and the ongoing challenges posed by overloaded vehicles, particularly on the Mamuju National Road - Bts. Majene Regency. This study aims to assess the impact of overloaded vehicles on the reliability and remaining service life of the road. The data collection approach method is based on secondary data obtained from BPJN West and South Sulawesi, BMKG West Sulawesi, PU Bina Marga Surabaya, Data collection includes IRI value, vehicle load value, existing pavement deflection value. The road section studied as the object of study with a road length of 3700m. While the analysis method for predicting the IRI value and increasing the thickness of the pavement layer is the MEPDG method, to determine the impact of vehicle loads on pavement the Truck factor method is used, prediction of fuel consumption uses the XRSI method and to make a road handling plan refers to Permen PU No. 3 of 2011 Regarding Procedures for Maintenance and Assessment of Roads. The results of the analysis show that the presence of overloaded vehicles affects road reliability, where the most influential road structure due to overload occurs in the pavement layer when compared to the foundation and subgrade layers with the need for additional layer thickness of 170-205 mm with a planned life of 10 years. In addition, the use of fuel consumption increases up to 6% and an increase in costs occurs up to 8% when compared to without overloaded vehicles passing through. On the road section under review, there was a decrease in the remaining service life as the IRI value decreased from 6.37 m/Km to 11.95 m/Km in the tenth year. Overloaded vehicles accelerate the increase in IRI values, leading to faster deterioration than the planned life. To address this issue, the road will be upgraded in years four and three, with deterioration occurring in years four and five. Regular maintenance will be carried out for two years to ensure the road remains within the IRI range of 4 m/Km. In conclusion, overloading the vehicle will impact the reliability of the pavement structure, thickness requirements and fuel consumption of the vehicle and can reduce the service life of the pavement. So it is necessary to plan a road handling program to maintain road conditions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424070010
Uncontrolled Keywords: Overload, Mechanistic-Empirical, Konsumsi bahan bakar, IRI, Penanganan jalan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:44
Last Modified: 19 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221447
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muh. Miftahulkhair.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item