Pengaruh Persepsi atas Promosi Melalui Media Sosial dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta)

Anabel, Saragih, Maria Frederica and Firda Hidayati, S.Sos, MPA, DPA (2024) Pengaruh Persepsi atas Promosi Melalui Media Sosial dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam ruang lingkup administrasi publik, kepuasan masyarakat menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan layanan publik. Perpustakaan menjadi salah satu cerminan layanan publik dalam bidang pendidikan. Supaya kehadirannya tidak siasia, perpustakaan perlu melakukan kegiatan promosi kepada masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi, kegiatan promosi ini bisa dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat dijangkau dengan efektif dan efisien oleh kalangan luas. Selain itu, perpustakaan perlu menyiapkan layanan yang berkualitas agar pemustaka bisa merasa puas dengan kehadirannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sudah sejauh mana hubungan dan pengaruh persepsi atas promosi melalui media sosial dan kualitas layanan terhadap kepuasan pemustaka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu persepsi atas promosi melalui media sosial, persepsi atas kualitas layanan, dan kepuasan pemustaka. Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 99 orang responden dan dianalisis dengan Smart PLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan dan pengaruh positif yang signifikan antara persepsi atas promosi melalui media sosial dan kualitas layanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Namun, dilihat dari beberapa item pada setiap variabel, masih terdapat hal-hal yang perlu dibenahi oleh Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Dengan memperhatikan setiap aspek pada promosi melalui media sosial dan kualitas layanan yang baik, kepuasan pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta juga akan meningkat.

English Abstract

In the scope of public administration, public satisfaction is one of the benchmarks for the success of public services. Libraries serve as a reflection of public services in the field of education. To ensure their presence is not in vain, libraries need to promote their services to the public. With the advancement of technology, these promotional activities can utilize social media to reach a wider audience effectively and efficiently. In addition, libraries need to provide quality services so that patrons can feel satisfied with their presence. The purpose of this study is to determine the extent of the relationship and influence of perceptions of social media promotion and service quality on patron satisfaction. This study uses a quantitative research approach. There are three variables used in this study: perceptions of social media promotion, perceptions of service quality, and patron satisfaction. This type of research uses explanatory research, and the sampling technique is purposive sampling. The population in this study is the patrons of the Regional Public Library of DKI Jakarta Province. The sample used in this study amounted to 99 respondents and was analyzed using SmartPLS 4.0. The results of this study indicate that there is a significant positive relationship and influence between perceptions of social media promotion and service quality on patron satisfaction at the Regional Public Library of DKI Jakarta Province. However, looking at several items in each variable, there are still aspects that need improvement by the Regional Public Library of DKI Jakarta Province. By paying attention to each aspect of social media promotion and providing good service quality, patron satisfaction at the Regional Public Library of DKI Jakarta Province will also increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030256
Uncontrolled Keywords: Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Layanan, Kepuasan Pemustaka, Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta.-Social Media Promotion, Service Quality, Library Use Satisfaction, Regional Public Library of DKI Jakarta Province
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:45
Last Modified: 19 Jul 2024 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221446
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lusi Kurnia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MARIA FREDERICA ANABEL SARAGIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item