Rizki, Jihan Imaliana and Firda Hidayati, S.Sos, MPA, DPA (2024) Pengaruh Perilaku Pencarian Informasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Musik K-Pop Melalui Twitter (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengguna Media Sosial Twitter). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Informasi merupakan yang harus dipenuhi oleh setiap individu untuk menjalani kehidupan masing-masing. Saat ini musik K-Pop merupakan salah satu genre musik yang paling digemari di Indonesia, ditahun 2021 indonesia merupakan negara yang paling banyak membicarakan K-Pop di Twitter. Namun saat ini banyak hoax information yang merajalela di Twitter. Maka dari itu penelitian ini ingin mengetahui sebarapa besar pengaruh perilaku pencarian informasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi musik melalui twitter pada mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai upaya memperoleh informasi yang memang benar. Perilaku pencarian informasi ditinjau berdasarkan 6 tahapan menurut teori Kuhlthau yang terdiri dari Initiation, Selection, Eksploration, Formulation, Collection, Presentation. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dilakukan dengan menyebar kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara perilaku pencarian informasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi musik KPop melalui Twitter sebesar 75,7% sedangkan sisanya sebesar 24,3% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan perilaku pencarian informasi memiliki pengaruh yang signifikan dengan pemenuhan kebutuhan informasi musik K-Pop pada mahasiswa Universitas Brawijaya.
English Abstract
Information is something that every individual needs to fulfill their respective lives. Currently, K-Pop music is one of the most popular music genres in Indonesia. In 2021, Indonesia was the country that talked about K-Pop the most on Twitter. However, there is currently a lot of hoax information circulating on Twitter. Therefore, this study wants to determine how much influence information seeking behavior has on fulfilling K-Pop music information needs through Twitter on Universitas Brawijaya students as an effort to obtain accurate information. Information seeking behavior is reviewed based on the 6 stages according to Kuhlthau's theory, which consists of Initiation, Selection, Exploration, Formulation, Collection, Presentation. The research method used is explanatory research with a quantitative approach. The data collection technique used was to distribute questionnaires. The sample used in this study was 100 respondents who are Universitas Brawijaya students. The results of this study show that there is a simultaneous influence between information seeking behavior on fulfilling K-Pop music information needs through Twitter of 75,7% while the rest is 24,3% influenced by other factors that were not examined in this study, and information seeking behavior has a significant influence on fulfilling K-Pop music information needs on Universitas Brawijaya students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030255 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku pencarian informasi, Kebutuhan Informasi, Musik KPop, Twitter- Information searching behavior, Information Needs, Music K-Pop, Twitter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:44 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221441 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
JIHAN IMALIANA RIZKI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |