Habibah, Inanti Dewi and Dr. Farida Nurani, S.Sos, M.Si (2024) Pengaruh Literasi Informasi terhadap Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024 (Studi pada Siswa SMA Negeri 2 Banjarsari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Literasi informasi merupakan kemampuan memproses informasi secara kritis melalui keterampilan dasar literasi untuk memenuhi kebutuhan akan informasi yang akurat dan relevan. Literasi informasi, dapat menjaga keberlanjutan demokrasi, karena warga negara yang terinformasi dapat membuat keputusan yang lebih bijak. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Literasi Informasi terhadap Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024; 2) Mengetahui dan menjelaskan tingkat literasi siswa SMA Negeri 2 Banjarsari sebagai partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu Literasi Informasi (X) dan Partisipasi Pemilih Pemula (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 211. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form pada siswa SMA Negeri 2 Banjarsari. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Literasi Informasi (X) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Partisipasi Pemilih Pemula (Y). Pengaruh Literasi Informasi di SMA Negeri 2 Banjarsari terhadap Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024 tergolong baik, dengan memiliki nilai ratarata 4,19 berada pada kelas interval rentang 3,40 – 4,20 dan hal ini menunjukkan kemampuan siswa SMA Negeri 2 Banjarsari dalam berliterasi sesuai dengan standar komptensi literasi informasi menurut AASL.
English Abstract
Information literacy is the ability to process information critically through basic literacy skills to meet the need for accurate and relevant information. Information literacy, can maintain the sustainability of democracy, as informed citizens can make wiser decisions. This research aims to explain : 1) The influence of Information Literacy on Participation of Early Voters in the 2024 election; 2) The influence level of literacy SMA Negeri 2 Banjarsari students as early voter participation int the 2024 Election. The type of research method used in this research is descriptive research with a quantitative approach. There are 2 variables used in this study, namely Information Literacy (X) and Early Voter Participation (Y). The sampling technique used in this study was a purposive sampling technique totaling 211 respondent. Data collection techniques through distributing questionnaires online using the Google form to SMA Negeri 2 Banjarsari. Analysis of the data used in this study using descriptive analysis and simpel linear regression analysis. The result in this research ahowed that the Information Literacy (X) variable had a significant and positive influence on the Early Voter Participation (Y). The influence of Information Literacy at SMA Negeri 2 Banjarsari on the Participation of Beginner Voters in the 2024 Election is classified as good, with an average score of 4.19 in the class interval range of 3.40 – 4.20 and this shows the ability of SMA Negeri 2 Banjarsari students in literate in accordance with information literacy competency standards according to AASL.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030253 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Informasi, Partisipasi Pemilih Pemula, Pemilu 2024- Information Literacy, Early Voter Participation, 2024 Election. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 05:14 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 05:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221432 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Inanti Dewi Habibah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |