Analisis Sistem Pelayanan Pelanggan Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Informasi Publik Di PT PLN (Persero) ULP Balige

Sihotang, Yohana Marcheta and Rachma Bhakti Utami, S.E., M.AB (2024) Analisis Sistem Pelayanan Pelanggan Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Informasi Publik Di PT PLN (Persero) ULP Balige. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membangun kepercayaan kepada pelanggan merupakan salah satu aspek yang sangat penting di dalam perusahaan bisnis. Pelayanan yang baik tentunya akan menjadi batu loncatan yang baik bagi perusahaan, dimana adanya layanan yang berkesan bagi pelanggan akan membantu kinerja perusahaan salah satunya di bidang promosi. Penyusunan dan penulisan laporan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan pelanggan melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan informasi publik di PT PLN (Persero) ULP Balige. PT. PLN (Persero) adalah salah satu perusahaan yang memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat kalangan bawah hingga kalangan atas. PT. PLN (Persero) sangat mengusahakan memberi layanan terbaik yang tentunya untuk menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Media sosial merupakan situs web atau platform yang memberikan ruang kepada pengguna untuk berinteraksi yang dapat terhubung secara online dengan orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. PLN ULP Balige menerapkan sistem terintegrasi yang memungkinkan proses lebih akurat dan cepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa PT PLN (Persero) ULP Balige masih belum efektif dan maksimal dalam penggunaan media sosial Instagram sebagai media pelayanan dan informasi. Sistem informasi ULP Balige yang kurang optimal menghadirkan beberapa kendala bagi pelanggan seperti sulitnya mendapatkan informasi.

English Abstract

Building trust in customers is a very important aspect in a business company. Good service will of course be a good stepping stone for the company, where providing impressive service to customers will help the company's performance, one of which is in the field of promotion. The aim of preparing and writing this research report is to analyze the customer service system via Instagram social media in improving public information at PT PLN (Persero) ULP Balige. PT. PLN (Persero) is a company that provides services to the lower class to the upper class. PT. PLN (Persero) really strives to provide the best service which of course creates satisfaction for customers. Social media is a website or platform that provides space for users to interact and connect online with other people. The type of research used is descriptive qualitative. The data collection techniques used were indepth interviews, observation and documentation. PLN ULP Balige implements an integrated system that allows the process to be more accurate and faster, so customers don't have to wait long. Based on the research results, it is known that PT PLN (Persero) ULP Balige is still not effective and optimal in using Instagram social media as a service and information medium. The Balige ULP information system which is less than optimal presents several obstacles for customers such as the difficulty of obtaining information.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170107
Uncontrolled Keywords: Sistem Pelayanan Pelanggan, Media sosial Instagram, Informasi Publik, PT PLN (Persero) ULP Balige-Sistem Pelayanan Pelanggan, Media sosial Instagram, Informasi Publik, PT PLN (Persero) ULP Balige
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:44
Last Modified: 26 Jun 2024 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221395
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yohana Marcheta Sihotang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item