Artika, Sheptin Indi and Tri Mega Asri, S.Sos. M.I.Kom (2024) Evaluasi Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang salah satu Kota yang telah melaksanakan program KTP elektronik, pada pelaksanaannya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang masih mengalami beberapa kendala yaitu fasilitas seperti ruang tunggu yang selalu penuh dengan pemohon, waktu yang dibutuhkan untuk mengolah berkas belum efektif, keterlambatan informasi mengenai pembuatan KTP elektronik, dan kurang sigapnya petugas dalam melayani keluhan pemohon. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan dimensi pelayanan dari Tjiptono yaitu Reliability (Relibilitas), Responsive (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Simpati), Tangiable (Bukti Fisik). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik deskriptif, dalam teknik yang peneliti gunakan dengan metode kuesioner. Komponen dalam evaluasi data diantaranya, membuat angket, sebar angket, pengelompokan data, dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan pembuatan KTP elektronik masih belum maksimal, dimana masih ada kendala seperti petugas yang terkadang tidak berada di tempat pelayanan dan digantikan dengan petugas lain, petugas kurang inisiatif bertanya mengenai keluhan pemohon, dan terdapat pembayaran yang seharusnya sudah menolak pungutan liar. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu perlunya dilakukan sosialisasi mengenai pembuatan KTP elektronik dan menjaga kedisiplinan sebagai petugas pelayanan.
English Abstract
The Malang City Population and Civil Registration Service is one of the cities that has implemented the electronic KTP program. In its implementation, the Malang City Population and Civil Registration Service still experiences several obstacles, namely facilities such as waiting rooms which are always full of applicants, the time needed to process files is not yet effective, delays in information regarding making electronic KTPs, and officers being less alert in responding to applicant complaints. The purpose of this final assignment is to determine the Evaluation of Electronic KTP Making Services at the Population and Civil Registration Service of Malang City in 2024. This research uses Tjiptono's service dimensions, namely Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Sympathy), Tangiable (Physical Evidence). The research method used is a quantitative method with descriptive techniques, the technique used by researchers is the questionnaire method. Components in data evaluation include creating a questionnaire, distributing questionnaires, grouping data, and drawing conclusions. Based on the research results, it can be concluded that the service for making electronic KTPs is still not optimal, where there are still obstacles such as officers who are sometimes not at the service location and are replaced by other officers, officers lack the initiative to ask about applicant complaints, and there are payments that should have been rejected for illegal levies. . The suggestion in this research is the need to carry out socialization regarding making electronic KTPs and maintaining discipline as service officers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170102 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pelayanan, KTP Elektronik, Malang-Service Evaluation, Electronic KTP, Malang |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:44 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221375 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sheptin Indi Artika.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |