Saharani, Sani and Myro Boyke Persijn, S.Sos., MM. (2024) Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Eksistensi Berita Online pada Instagram IN Today Media. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masyarakat kini mengandalkan media sosial yaitu salah satunya Instagram untuk mencari berita, pasalnya hanya dengan mengandalkan internet masyarakat sudah bisa mendapatkan suatu informasi dengan mudah. Sehingga, banyak portal berita online yang terus bermunculan dengan memiliki strategi masing-masing untuk meningkatkan audiensnya dengan konten berita yang mudah dipahami oleh audiens atau followernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Produser dalam menentukan konsep dan format berita, pemilihan berita dan waktu yang tepat untuk memposting suatu berita di Instagram @intoday.media. pada penelitian ini adalah Instagram @intoday.media dengan judul penelitian yaitu Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Eksistensi Berita Online pada Instagram IN Today Media, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan model analisis data Miles dan Huberman dan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengemukakan beberapa hal, yaitu Produser menentukan konsep dan format berita online pada Instagram IN Today Media menggunakan fitur multi foto atau carousel yang umumnya digunakan sebanyak tiga slide, dan bertanggung jawab dalam pra produksi, produksi dan pasca produksi. Selain itu, untuk pemilihan berita IN Today Media menggunakan beberapa pertimbangan terhadap suatu beritanya yaitu aktualitas, besarnya kejadian, kepentingan, ketenaran, dan unsur kedekatannya. Kemudian, untuk waktu yang tepat memposting konten berita yaitu pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB dengan jangka waktu satu jam satu kali posting
English Abstract
People now rely on social media platforms, one of which is Instagram to find news, because only by relying on the internet people can get information easily. So, many online news portals continue to emerge by having their own strategies to increase their audience with news content that is easily understood by the audience or followers. This study aims to determine the role of producers in determining the concept and format of news, choosing news and the right time to post a news on Instagram @intoday.media. The object of this study is Instagram @intoday.media with the research title of Creative Producer Strategies in Maintaining Online News Existence on Instagram IN Today Media, using descriptive qualitative research methods using Miles and Huberman data analysis models and data collection techniques in the form of participatory observation, interviews and documentation. This research suggests several things, namely producers determine the concept and format of online news on Instagram IN Today Media using a multi-photo or carousel feature which is generally used as many as three slides, and is responsible for pre-production, production and post-production. In addition, for the selection of news IN Today Media uses several considerations for a news, namely actuality, magnitude of events, importance, fame, and elements of closeness. Then, for the right time to post news content, namely on Monday to Friday from 09.00 WIB to 18.00 WIB with a period of one hour and one post.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170100 |
Uncontrolled Keywords: | Media Daring, Instagram, strategi Produser, IN Today Media-Online media, Instagram, producer strategy, IN Today Media |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:44 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221368 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sani Saharani.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |