Puspytha, Nanda Novera Ayu and Tri Mega Asri, S.Sos., M.I.Kom (2024) Optimalisasi Media Sosial Instagram @illuperfume.id Untuk Membentuk Brand Awareness. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Illuperfume sudah memiliki akun instagram dengan 78 pengikut, 45 unggahan, serta rata-rata jumlah like pada setiap unggahan sekitar 4-11 likes. Unggahan terakhir dari illuperfume adalah tanggal 16 November 2022. Hal ini dipicu karena owner Illuperfume cukup kehabisa ide atau tema konten yang bisa diunggah sehingga akun instagram illuperfume sempat tidak aktif dalam waktu yang lama. Cara agar dapat menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi laman akun Instagram salah satunya adalah dengan mengembangkan isi konten yang menarik. Hal ini akan memprovokasi para konsumen untuk melakukan interaksi dengan brand melalui Instagram yang akan berujung pada pembentukan brand awareness, tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalisasi sosial media instagram illuperfume.id untuk membentuk brand awareness serta dapat menjangkau audiens lebih luas lagi. Penyelesaian Tugas Akhir dan pengembangan konten promosi pada akun Instagram @illuperfume.id melakukan pengambilan data dari hasil pengamatan hasil unggahan setiap siklusnya berupa penambahan jumlah pengikut, like atau jumlah komentar. Selain hasil pengamatan, penulis juga akan melakukan wawancara yang akan diberikan kepada followers dari instagram illuperfume melalui fitur Direct Message. Optimalisasi Media Sosial Instagram @illuperfume.id dilakukan pada tanggal 10 Maret – 28 Maret 2024 yang dibagi atas 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tiga sampai empat kali pengunggahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @illuperfume.id telahv melampaui capaian target instagram sebagai media promosi. Promosi instagram dilakukan dari siklus pertama sampai siklus ketiga dan hasilnya terjadi peningkatan followers dari 78 menjadi 119 pengikut dan rata-rata jumlah like sebelumnya 1-11 likes menjadi 20-30 likes serta jumlah komentar pada setiap konten juga menunjukkan perubahan, dimana setap unggahan konten memiliki 1 hingga 5 komentar. Disisi lain, melalui hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa konten-konten yang telah di upload perlahan dapat membentuk branding untuk Illuperfume. Hal ini ditunjang dengan followers yang mengingat tagline Illuperfume, mengingat brand Illuperfume dengan parfum travel friendly sesuai dengan konsep utama Illuperfume yang artinya informasi yang diberikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Untuk meningkatkan interaksi dengan followers sebaiknya owner mempertahankan selingan konten games atau hiburan untuk memicu followers memberikan interaksi, sedangkan untuk menarik pengikut baru sebaiknya rutin mengadakan konten promo dan giveaway
English Abstract
Illuperfume already has an Instagram account with 78 followers, 45 uploads, and an average number of likes for each upload of around 4-11 likes. The last upload from illuperfume was November 16 2022. This was triggered because the owner of Illuperfume ran out of content ideas or themes that could be uploaded so the illuperfume Instagram account was inactive for a long time. One way to attract consumers' attention to visit your Instagram account page is to develop interesting content. This will provoke consumers to interact with brands via Instagram which will lead to the formation of brand awareness. The aim of this research is to optimize social media Instagram illuperfume.id to form brand awareness and be able to reach a wider audience. Completion of the Final Assignment and development of promotional content on the Instagram account @illuperfume.id by collecting data from observations of uploads for each cycle in the form of increasing the number of followers, likes or number of comments. Apart from the observations, the author will also conduct interviews which will be given to illuperfume Instagram followers via the Direct Message feature. Optimization of Instagram Social Media @illuperfume.id was carried out on March 10 – March 28 2024 which was divided into 3 (three) cycles. Each cycle consists of three to four uploads. The research results show that @illuperfume.id has exceeded Instagram's target achievement as a promotional medium. Instagram promotion was carried out from the first cycle to the third cycle and the result was an increase in followersvii from 78 to 119 followers and the average number of likes was previously 1-11 likes to 20-30 likes and the number of comments on each content also showed changes, where each content upload had 1 to 5 comments. On the other hand, through the results of the interview it can be concluded that the content that has been uploaded can slowly form branding for Illuperfume. This is supported by followers remembering the Illuperfume tagline, remembering that the Illuperfume brand with travel friendly perfume is in accordance with the main concept of Illuperfume, which means the information provided can be well received by the public. To increase interaction with followers, the owner should maintain game or entertainment content to encourage followers to interact, while to attract new followers, it is better to regularly hold promotional content and giveaways.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170096 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Instagram, Brand Awareness- Social Media, Instagram, Brand Awareness |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 08:21 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221355 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nanda Novera Ayu Puspytha.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |