Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Di PT. PLN (Persero) ULPNgoro Kabupaten Jombang

Ardiansyah, Muhammad Reyhan and Susilowati, S.Sos., M.AB (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Di PT. PLN (Persero) ULPNgoro Kabupaten Jombang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat mendorong masyarakat melakukan interaksi secara online melalui platform digital. Hal ini berdampak pada perusahaan untuk membuat layanan online seperti aplikasi atau website untuk mempermudah interaksi terkait layanan antara pelanggan dan perusahaan. PT. PLN (Persero) sebagai bentuk kepedulian terhadap pelanggan meluncurkan aplikasi PLN Mobile, aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang terhubung dengan PT. PLN (Persero) ULP Ngoro. Perlu dianalisis lebih mendalam terkait kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile ini untuk menjaga tangkat kepuasan pengguna, karena dilihat dari rating google PT. PLN (Persero) ULP Ngoro mendapat bintang dua terkait layanan langsung. Peneliltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) di PT. PLN (Persero) ULP Ngoro Kabupaten Jombang sebagai salah satu Unit Layanan Pelanggan (ULP) di Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, para pengguna aplikasi PLN Mobile telah merasa sangat puas dengan kinerja dari aplikasi PLN Mobile di PT. PLN (Persero) ULP Ngoro. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai CSI yang diperoleh yaitu sebesar 84,22%. Adapun hal-hal yang perlu ditingkatkan khususnya pada atribut yang memiliki ratarata tingkat kepuasan yang rendah.

English Abstract

The rapid development of information technology encourages people to interact online through digital platforms. This has an impact on companies to create online services such as applications or websites to facilitate service-related interactions between customers and companies. PT. PLN (Persero) as a form of concern for customers launches the PLN Mobile application, this application has various features that are connected to PT. PLN (Persero) ULP Ngoro. It needs to be analyzed in more depth regarding the user satisfaction of this PLN Mobile application to maintain user satisfaction, because it is seen from the google PT rating. PLN (Persero) ULP Ngoro received two stars regarding direct service. This research aims to find out how to analyze user satisfaction of the PLN Mobile application with the Customer Satisfaction Index (CSI) method at PT. PLN (Persero) ULP Ngoro Jombang Regency as one of the Customer Service Units (ULP) in Jombang Regency. The method used in this study is a quantitative type with a descriptive method. Based on the research results, PLN Mobile application users have felt very satisfied with the performance of the PLN Mobile application at PT. PLN (Persero) ULP Ngoro. This can be seen from the CSI value obtained which is 84.22%. As for the things that need to be improved, especially in attributes that have a low average level of satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170095
Uncontrolled Keywords: PLN Mobile, Kepuasan Pengguna, Customer Satisfaction Index (CSI)-PLN Mobile, User Satisfaction, Customer Satisfaction Index (CSI)
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:21
Last Modified: 25 Jun 2024 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221350
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Reyhan Ardiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item