Evaluasi Instagram @ozoramiceandeventorganizer Sebagai media Branding

Tobing, Kezia Natania and Rachma Bhakti Utami, S.E., M.A.B (2024) Evaluasi Instagram @ozoramiceandeventorganizer Sebagai media Branding. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

OZORA Event and Tour organizer merupakan salah satu agent travel dan event yang ada di Jakarta tetapi juga melayani customer yang diluar kota. OZORA Event and Tour organizer telah berdiri sejak tahun 2016 mendapatkan 5 – 10 client perbulannya. Dalam perannya, OZORA Event and Tour organizer memiliki sebuah kewajiban yaitu merencanakan dan mempersiapkan rencana event dan travel dari awal sampai selesai. Dalam hal ini, OZORA memanfaatkan sosial media yaitu Instagram untuk menjadi sebuah platform utama untuk membuka komunikasi terhadap target market dalam dunia digital yang diharapkan menjangkau secara luas dan dapat meningkatkan branding dari OZORA secara efektif dan juga efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi dari sosial media Instagram @ozoramiceandeventorganizer sebagai media branding. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan datanya sendiri yaitu melalui observasi dan wawancara. Teori evaluasi yang digunakan yaitu teori evaluasi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang dikemukakan oleh Effendy pada tahun 2003. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahu bahwa proses evaluasi yang dijalankan sudah berjalan secara maksimal tetapi evaluasi ini juga menunjukkan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi. Oleh karena itu, penting untuk OZORA Event and Tour organizer selalu berinovasi dalam menjalankan Instagram sebagai media branding.

English Abstract

OZORA Event and Tour organizer is one of the travel and event agents based in Jakarta, yet also able to serving customers from outside the city. Established in 2016, OZORA Event and Tour organizer serves 5 to 10 clients on a monthly basis. In its role, OZORA Event and Tour organizer holds the responsibility of planning and preparing event and travel arrangements. By this point, OZORA utilizes social media, particularly Instagram, as a primary platform to engage with their target market in the digital area, aiming for broad outreach and effective branding. This research aims to evaluate the Instagram social media presence of @ozoramiceandeventorganizer as a branding tool. The research methodology employed is qualitative, with data collection techniques including observation and interviews. The evaluation theory that the writer utilize is the AIDA evaluation theory (Attention, Interest, Desire, Action) as proposed by Effendy in 2003. The findings reveal that the evaluation process has been maximized, yet it also highlights some of potential challenges for OZORA Mice and Event organizer. Therefore, it is crucial for OZORA Event and Tour organizer to continuously innovate their own Instagram branding strategy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170090
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sosial Media, Instagram, Branding, AIDA- Evaluation, Social Media, Instagram, Branding, AIDA
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:21
Last Modified: 25 Jun 2024 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221333
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kezia Natania Tobing.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item