Implementasi Infografis Sebagai Sarana Memperkenalkan dan Memahami Trade Map Bagi Pelaku Usaha Mikro di Kota Malang untuk Melakukan Riset Pasar Ekspor

‘Ibadurrahman, Hisyam and Azna Abrory Wardana, S.H., M.H. (2024) Implementasi Infografis Sebagai Sarana Memperkenalkan dan Memahami Trade Map Bagi Pelaku Usaha Mikro di Kota Malang untuk Melakukan Riset Pasar Ekspor. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan era digitalisasi memudahkan akses ke dalam perdagangan internasional dan meningkatkan persaingan bagi pelaku usaha sehingga pemahaman mendalam tentang pasar ekspor melalui riset yang komprehensif menjadi kunci keberhasilan bagi pelaku usaha, khususnya yang berskala mikro di Kota Malang. Oleh karena itu, penulis melakukan implementasi infografis untuk memperkenalkan dan memahami Trade Map bagi pelaku usaha mikro di Kota Malang dalam melakukan analisis peluang pasar ekspor. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan analisis efektif berdasarkan literatur yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha mikro di Kota Malang masih kurang memahami riset pasar ekspor sehingga infografis untuk memperkenalkan Trade Map dan pentingnya riset pasar ekspor telah diimplementasikan dan akan diterapkan melalui program penyuluhan dan pelatihan di Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang. Diharapkan program pelatihan dan penyuluhan yang akan dilakukan mampu membuat para pelaku usaha mikro di Kota Malang semakin berkembang dan produknya dapat menjangkau pasar internasional.

English Abstract

The development of the digital era facilitates access to international trade. It increases competition for business actors, making a deep understanding of the export market through comprehensive research the key to success, especially for micro-scale businesses in Malang City. Therefore, the author implemented an infographic to introduce and understand Trade Map for micro-businesses in Malang City to analyze export market opportunities. The research method used a qualitative approach with data collection through observation, interviews, and effective analysis based on relevant literature. The results showed that microbusiness actors in Malang City still lack an understanding of export market research, so an infographic to introduce Trade Map and the importance of export market research has been implemented and will be applied through counseling and training programs at the Malang City Office of Cooperatives, Industry, and Trade. The training and counseling program will help microbusiness actors in Malang City grow and enable their products to reach international markets.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170088
Uncontrolled Keywords: infografis, riset pasar, ekspor- infographic, market research, export
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:22
Last Modified: 25 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221327
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hisyam 'Ibadurrahman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item