Winalda, Erik Muhammad and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si., M.Si., M.Sc (2023) Analisis Engagement Rate Pada Konten Feed Akun Instagram @Vokasiub. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada tugas akhir ini menganalisis engagement rate pada konten feed Instagram @vokasiub, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tingkat keterlibatan dan interaksi audiens terhadap konten yang dipublikasikan oleh Fakultas Vokasi. Melalui evaluasi metrik engagement seperti jumlah likes, komentar, dan shares, penelitian ini akan memberikan wawasan tentang respons pengguna terhadap konten yang disajikan oleh akun Instagram @vokasiub. Dengan mempelajari engagement rate pada konten feed Instagram @vokasiub, institusi pendidikan dapat memperoleh informasi penting untuk mengoptimalkan strategi konten. Tugas akhir ini menggunakan metode dengan menghitung engagement rate untuk mengetahui tingkat engagement pada akun secara keseluruhan maupun pada masing-masing konten dan wawancara dengan survei online kepada mahasiswa aktif Fakultas Vokasi, Hasil wawancara untuk melihat data di lapangan berdasarkan postingan Instagram Vokasi dapat diuraikan dalam enam kategori yang mengacu pada teori Myers. Konten feed yang dijadikan data adalah konten pada tanggal 4 April sampai 1 Mei 2023 sebanyak 21 feed. Dari hasil penyelesaian tugas akhir ini, Memberikan evaluasi terhadap kualitas konten akun Instagram @vokasiub untuk meningkatkan efektifitas langkah informasi kepada mahasiswa lewat media sosial Instagram bagi Fakultas Vokasi untuk masa yang akan datang.
English Abstract
In this final project, analyze the engagement rate on the Instagram feed content of @vokasiub. The aim of this research is to provide a deeper understanding of the level of audience engagement and interaction with the content published by the Faculty of Vocational Studies. Through the evaluation of engagement metrics such as the number of likes, comments, and shares, this research will provide insights into user responses to the content presented by the Instagram account @vokasiub. By studying the engagement rate on the Instagram feed content of @vokasiub, educational institutions can obtain important information to optimize content strategies. This final project uses a method that calculates the engagement rate to determine the level of engagement on the account as a whole as well as on individual content. It also includes online surveys with active students of the Faculty of Vocational Studies. The interview results to gather field data based on Vokasi Instagram posts can be categorized into six categories referring to Myers' theory. The data used for analysis comprises 21 feed posts from April 4 to May 1, 2023. As a result of this final project, an evaluation of the quality of content on the Instagram account @vokasiub is provided to enhance the effectiveness of information dissemination via Instagram social media for the Faculty of Vocational Studies in the future.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170660 |
Uncontrolled Keywords: | Engagement Rate, Konten, Feed, dan Myers-Engagement Rate, Content, Feed, and Myers |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:21 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221307 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erik Muhammad Winalda.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |