Rancangan dan Penerapan Promosi Melalui Media Sosial Instagram di Wisata Lokal Kali Cemplong Desa Mangliawan Kec.Pakis Kabupaten Malang

Hardiyanti, Dwina Reza and Rachma Bhakti Utami, S.E., M.AB (2024) Rancangan dan Penerapan Promosi Melalui Media Sosial Instagram di Wisata Lokal Kali Cemplong Desa Mangliawan Kec.Pakis Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tugas Akhir ini mengeksplorasi pemanfaatan Instagram sebagai alat promosi untuk Wisata Kali Cemplong di Kabupaten Malang. Meskipun telah dilakukan promosi, objek wisata mengalami penurunan pengunjung. Tujuan tugas akhir adalah merancang strategi promosi efektif melalui Instagram untuk meningkatkan aktivitas promosi dan pertumbuhan objek wisata. Tugas Akhir ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan dan menganalisis Rancangan dan Penerapan Promosi melalui Media Sosial Instagram di Wisata Lokal Kali Cemplong. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tools Design Thinking. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengikut, interaksi, dan keterlibatan pengguna Instagram yang sudah ditargetkan,dengan besaran target berdasarkan rata-rata dari postingan sebelumnya. Tugas Akhir ini membahas perencanaan konten dan evaluasi respon pengguna terhadap akun Instagram @wisata_kali_cemplong. Hasil wawancara menunjukkan preferensi pengikut terhadap konten hiburan dan edukatif, dengan keinginan akan konten yang lebih informatif dan interaktif. Segmentasi pasar mencakup beragam kelompok usia dan gender yang aktif di media sosial. Analisis evaluasi menunjukkan peningkatan pengikut dan respon positif terhadap konten yang diunggah. Penurunan pengunjung di Wisata Kali Cemplong pada era new normal disebabkan oleh promosi yang belum efektif. Setelah melakukan rancangan promosi menunjukkan bahwa setiap siklus promosi yang dilakukan telah mencapai target. Diperlukan strategi promosi lebih baik melalui akun Instagram @wisata_kali_cemplong, termasuk memanfaatkan fitur promosi, update informasi terjadwal, dan membangun relasi dengan akun lain.

English Abstract

This Final Project explores the utilization of Instagram as a promotional tool for Kali Cemplong Tourism in Malang Regency. Despite promotions, the attraction experienced a decline in visitors. The purpose of the final project is to design an effective promotion strategy through Instagram to increase promotional activities and growth of the tourist attraction. This Final Project uses a qualitative approach to describe and analyze the Design and Implementation of Promotion through Instagram Social Media at Kali Cemplong Local Tourism. Data was obtained through observation, interviews, and documentation, then analyzed with Design Thinking tools. The results show an increase in followers, interactions, and engagement of targeted Instagram users, with the target amount based on the average of previous posts. This Final Project discusses content planning and evaluating user responses to the @wisata_kali_cemplong Instagram account. Interview results show followers' preference for entertainment and educational content, with a desire for more informative and interactive content. Market segmentation includes diverse age groups and genders who are active on social media. Evaluation analysis showed an increase in followers and positive responses to uploaded content. The decline in visitors at Kali Cemplong Tourism in the new normal era was caused by ineffective promotion. After conducting a promotional design, it shows that each promotional cycle carried out has reached the target. A better promotion strategy is needed through the @wisata_kali_cemplong Instagram account, including utilizing promotional features, scheduled information updates, and building relationships with other accounts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170083
Uncontrolled Keywords: Promosi, Instagram,Wisata- Promotion, Instagram, Tourism
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:20
Last Modified: 25 Jun 2024 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221305
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dwina Reza Hardiyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item